DCSIMG

How To Be Happy

Mengajak Anak Disiplin dengan Cara Menyenangkan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

0kt-2-2

 

Percaya nggak kalau orangtua bisa mengajari anak berbagai hal tanpa memberinya hukuman, meski hal ini cukup sulit diterapkan? Ya, mengajarkan kedisiplinan pada anak tentu bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, ini buktinya.

Ambil apa yang mereka “tinggalkan”

Anak seringkali menolak merapikan kamar tidurnya, termasuk nggak melipat selimut usai digunakan. Jika kebiasaan ini terus ia lakukan, ambil selimutnya dan kembalikan saat ia berjanji untuk membiasakan diri merapikan kamar tidur. Lakukan hal yang sama pada barang miliknya, misal mainan, sepatu, dan alat tulis. Ia akan belajar menghargai apa yang ia miliki jika nggak ingin barang itu dijauhkan darinya.

“Time out”

Jika anak sudah keterlaluan, maka hukuman ini bisa diterapkan. Minta ia untuk berdiri atau duduk di sudut rumah hingga ia tenang dan berjanji untuk nggak mengulangi kesalahannya. Hukuman yang dilakukan dengan cara baru akan membuat si kecil menyadari bahwa ia sudah melewati batas.

Ubah menjadi candaan

Pertengkaran saudara kandung umum terjadi. Jika kakak dan adik meributkan sesuatu, jangan terburu-buru marah. Lemparkan candaan saja, misalnya dengan memberi mereka sarung tinju atau meminta mereka meneruskan pertengkaran di dalam kamar dalam keadaan terkunci. Jika memang ingin memarahi, jangan memihak, kemudian buat mereka berpelukan satu sama lain karena akan susah rasanya marah pada orang yang memelukmu.

Inilah beberapa tips untuk mendisiplinkan anak. Bagikan kisahmu ya, berhasilkah dengan cara di atas, atau kamu justru memiliki saran lain untuk dicoba oleh para orangtua, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life