DCSIMG

How To Be Wealthy

Konsep Al-Amin dalam Marketing

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-1-6

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang dijadikan teladan oleh banyak orang. Ini karena sikap dan perilakunya yang selalu menunjukkan kebaikan. Termasuk dalam bisnis, Beliau dikenal sebagai Al-Amin yang artinya jujur atau dapat dipercaya. Nabi Muhammad SAW adalah seorang marketer yang sangat dipercaya oleh pelanggan saat memasarkan produknya. Ia berkata sesuai dengan kenyataan, dan nggak pernah menjanjikan sesuatu yang muluk. Sifat ini bisa kita teladani dan praktikkan dalam bidang penjualan atau marketing.

Ketika barang dagangan Beliau busuk, maka diletakkannya di depan supaya pelanggan tahu, bukan malah menutupi atau mengelabui mereka. Karakter Al-Amin ini bisa jadi pondasi yang sangat ampuh dalam berbisnis, mengingat bisnis yang dibangun di atas ketidakjujuran, seperti licik, KKN, tipu daya, dan culas—cepat atau lambat—akan runtuh.

Ketidakjujuran tersebut bisa merontokkan kredibilitas dan reputasi bisnis. Ketika kredibilitas sudah nggak ada lagi, maka bisnis bisa dipastikan mati ditelan zaman. Banyak pebisnis yang telah membuktikan hal tersebut. Maka, berkaca dari pengalaman mereka, strategi marketing haruslah memegang prinsip kejujuran di atas segalanya.

Marketing bukanlah semata usaha untuk mengejar keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan faktor lain. Marketing bukanlah ajang tipu muslihat. Marketing yang ideal seharusnya berlandaskan pada keterbukaan, keadilan, keikhlasan, dan kepedulian terhadap sesama agar dapat terus bertahan di tengah persaingan serta menjadi kepercayaan dan andalan pelanggan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life