DCSIMG

How To Be Happy

“Bangunkan” Hobimu yang Sempat Terpendam

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

okt-1-1

Pernahkah kamu memiliki hobi yang mulai padam, tapi kemudian ingin menekuninya kembali? Tahap yang dilewati tiap orang untuk kembali biasanya berbeda. Dilansir dari thoughtcatalog.com, Zola Ray menyebutkan ada 6 tahap yang ia alami. Mungkin, Bright Friends punya pengalaman serupa.

  1. Merasa kehilangan

Dulu, kamu memutuskan berhenti. Sekarang, melihat orang lain melakukannya, kamu jadi ingin bernostalgia—mulai mengingat, lalu terus-menerus membahas kesuksesan hobimu di masa lalu.

  1. Menganggap diri akan jadi ahli

Akhirnya, kamu memutuskan kembali menekuni hobi lama. Kamu mungkin merasa nggak percaya diri pada awalnya, tapi kesuksesan masa lalu membuatmu ingin mengeluarkan bakat terpendam ini.

  1. Menyadari “menjadi ahli” itu salah

Sejak kamu berhenti, orang lain melakukannya dengan (atau malah lebih) baik. Kamu kira itu bukanlah masalah, beberapa latihan akan membuatmu seperti mereka. Namun ternyata hasilnya berbeda, kamu pun mulai kehilangan apresiasi.

  1. Kemerosotan

Di tahap ini, banyak orang yang akhirnya stres atau depresi. Mulai muncul pikiran kalau kamu nggak punya hobi atau bakat apa pun. Kamu pun semakin kehilangan semangat yang membuat tingkat kegagalan kian tinggi dan kepercayaan diri kian merosot.

  1. Mengesampingkan ego

Banyak cara untuk menyerah, tapi jika kamu mengulangi tahap pertama dengan motivasi yang lebih besar, tentu talentamu akan terlihat lagi. Ingat manfaat dari hobimu, mungkin bisa menghasilkan uang, atau menghilangkan stres, atau membuat penampilanmu lebih menarik.

  1. Memulai kembali

Ini tahap akhir yang membutuhkan fokus, konsistensi, tekad, dan ketekunan. Anggap saja kamu melakukan ini semua bukan semata untuk menjadi ahli, melainkan menyenangkan diri sendiri. Tanpa terasa, kamu pasti akan kembali ahli atau bahkan lebih ahli ketimbang saat kamu meraup kesuksesan dulu. Semoga sukses!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life