DCSIMG

How To Be Wealthy

4 Hal yang Mendorong Pertumbuhan Asuransi Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-5-6

 

Seperti yang telah kita ketahui, pertumbuhan industri asuransi syariah—baik di Indonesia maupun dunia—menunjukkan peningkatan yang signifikan, walau nggak secepat pertumbuhan perbankan syariah. Prosesnya yang transparan dan penerapan konsep tolong-menolong membuat peserta merasa nyaman. Selain itu, ada pula hal lain yang ikut mendorong pertumbuhan asuransi syariah.

Pertama, semakin banyaknya aksi korporasi perusahaan asuransi maupun reasuransi yang membuat unit syariah menjadi perusahaan asuransi atau reasuransi yang beroperasi secara penuh. Kemudian, semakin banyak pula jumlah tenaga pemasaran asuransi syariah. Data AASI menyebutkan bahwa hingga Juni 2016, sudah lebih dari 250.000 tenaga pemasar mendapatkan sertifikasi agen asuransi jiwa syariah.

Ketiga, pertumbuhan asuransi syariah didukung oleh regulasi yang menjamin kepastian hukum kegiatan asuransi syariah. Ketentuan hukum yang mengatur asuransi syariah, antara lain: Undang-Undang No. 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian; Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 1992; Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 421/KMK.06/2003 tanggal 30 September 2003 tentang Penilaian Kemampuan dan Kepatutan bagi Direksi dan Komisaris Perusahaan Perasuransian; Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 422/KMK.06/2003 tanggal 30 September 2003 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi; Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 423/KMK.06/2003 tanggal 30 September 2003 tentang Pemeriksaan Perusahaan Perasuransian; Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 424/KMK.06/2003 tanggal 30 September 2003 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi; Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 426/KMK.06/ 2003 tanggal 30 September 2003 tentang Perizinan Usaha Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Keempat, yang diyakini memegang peranan penting dalam pertumbuhan industri asuransi syariah dalam negeri adalah mulai giatnya literasi atau edukasi mengenai produk keuangan ini di berbagai kalangan, sehingga akan makin banyak masyarakat yang memahami konsep keuangan syariah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life