DCSIMG

How To Be Healthy

Yoga Bikram Untuk Usia Lanjut, Amankah?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-5-3

 

Saat ini, yoga menjadi salah satu olahraga yang paling diminati masyarakat. Banyak studio menawarkan kelas yoga, terutama yoga bikram. Salah satu jenis yoga ini dilakukan dalam ruangan bersuhu 40° Celcius, dan ditunjang dengan kelembapan ruangan sekitar 40%. Dalam ruangan inilah peserta melakukan 26 pose seperti yang dicontohkan oleh instruktur.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa yoga bikram efektif menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, menjaga stamina tubuh, dan memaksimalkan sistem metabolisme. Sang pencipta yoga bikram, Bikra Choudhury, menyatakan bahwa suhu panas ruangan penting untuk mengendurkan otot tegang dan membuatnya jadi lebih elastis. Namun jenis yoga ini ternyata masih menjadi kontroversi. Beberapa pihak mengatakan bahwa yoga bikram nggak aman, apalagi untuk mereka yang berumur 40 tahun ke atas. Andrew Weil, profesor klinis bidang kedokteran dari University of Arizona, bahkan menyatakan yoga dalam ruang bersuhu tinggi akan membuat stres siapa pun, nggak peduli usia.

Weil menambahkan, ruangan panas menyebabkan cedera otot dan masalah kesehatan lain, apalagi jika peserta belum pernah melakukan yoga, risiko cedera bisa meningkat berkali-lipat. Ini akibat kelenturan tubuh peserta yang masih buruk. Dalam sebuah penelitian lain ditemukan bahwa sekitar 30% orang yang rutin mengikuti yoga bikram sering mengalami cedera otot. Bahkan, menurut pria yang juga menjabat sebagai Director Arizona Centre for Integrative Medicine ini, yoga bikram bisa menyebabkan kelelahan hingga stroke.

Namun nggak perlu khawatir, kamu tetap dapat melakukan yoga bikram asalkan sudah memastikan nggak memiliki masalah dengan sendi dan tekanan darah rendah atau tinggi. Selain itu, pastikan juga minum air putih sebanyak mungkin sebelum memulai yoga bikram, dan segera berhenti jika merasakan panas, pusing, atau nyeri di bagian dada.

Nah, supaya lebih terjamin keamanannya dan nggak ada lagi keraguan, ada baiknya mengonsultasikan terlebih dulu hal ini ke dokter sebelum memutuskan mengikuti kelas yoga bikram, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life