DCSIMG

How To Be Happy

Waspada Penipuan Berbalut Penggalangan Dana

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

 

sep-5-2

 

 

Niat ingin berbuat baik bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab. Jangan sampai kamu jadi korban penipuan berbalut aksi sosial, Bright Friends.

Tingginya pengguna media sosial di Indonesa membuatnya menjadi medium yang paling cepat untuk menggalang perhatian dari berbagai kalangan. Salah satu yang paling sering muncul adalah isu sosial, misalnya penggalangan dana untuk mereka yang kurang mampu. Di Indonesia, belakangan ini kegiatan crowdfunding pun kian marak digaungkan. Kasus Saeni, seorang penjual nasi yang terkena razia saat berjualan pada Bulan Ramadan, misalnya. Hanya dalam dua hari, pihak penggalang dana bisa mengumpulkan hingga lebih dari Rp200 juta.

Menurut Prof. Laurentius Dyson P. MA—sosiolog dari Universitas Airlangga Surabaya—seperti yang dikutip dari femina.co.id, kemiskinan merupakan persoalan yang ada di tiap negara, dan kegiatan semacam itu sudah ada sejak dulu. Hanya, kegiatan menghimpun dana tersebut dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sementara saat ini banyak dilakukan oleh individu melalui media sosial.

Sayang, niat baik tersebut justru dimanfaatkan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan pribadi. Sebuah survei yang dilakukan tahun 2015 di California menegaskan, Indonesia berada di peringkat ke-13 tertinggi di Asia Pasifik untuk kasus penipuan melalui media sosial. Walaupun sebenarnya kasus penipuan berbalut kemiskinan sudah terjadi di sekitar kita jauh sebelum media sosial ada, misalnya saja pengemis yang pura-pura lumpuh atau perempuan yang menyewa bayi untuk meminta-minta.

Karena itu, bagi Bright Friends yang ingin berdonasi atau mengulurkan bantuan, akan lebih baik jika mengecek secara mendetail terlebih dulu kegiatan penggalangan dana tersebut. Pasti lebih aman jika penggalangan dana dicetuskan oleh yayasan atau LSM tertentu. Pasalnya, kamu akan lebih mudah mengecek kebenaran tentang sebuah kasus yang diusung. Terakhir, jangan mudah terprovokasi dengan gambar dan berita yang menyentuh perasaan. Cek lagi kevalidan-nya sebelum bertindak atau sekadar ikut menyebarkan informasi yang kamu dapat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life