DCSIMG

How To Be Healthy

Makanan dan Kebiasaan yang Rawan Membuat Gigi Berlubang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-4-3

Rajin sikat gigi tapi gigi masih juga keropos atau berlubang? Bisa jadi ada yang salah dengan pola makanmu. Yuk, cek penjelasan di bawah hingga tuntas.

Gigi keropos atau berlubang nggak hanya disebabkan oleh rutinitasmu membersihkan mulut. Beberapa makanan mengandung zat yang dapat memicu ketidakseimbangan pelepasan mineral dari dalam gigi dan pengembalian mineral ke dalam gigi yang akhirnya membuat gigi berlubang. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Akumulasi plak
  2. Frekuensi konsumsi karbohidrat
  3. Frekuensi paparan asam
  4. Kualitas dan kuantitas air liur yang kurang baik serta memadai
  5. Asupan fluor yang kurang.

Menurut drg. Citra Kusumasari—dilansir dari kompas health.com—frekuensi paparan asam yang tinggi pada rongga mulut menyebabkan mineral-mineral di dalam gigi lebih cepat hilang dan mengawali terbentuknya gigi berlubang. Paparan asam pada gigi bisa dievaluasi dari aneka jenis makanan yang kamu konsumsi, misalnya minuman ringan berkarbonasi, jus buah, air perasan lemon, hingga kuah pempek.

Menurut sebuah penelitian, pasien yang mengonsumsi minuman berkarbonasi dan jus buah sebanyak 1,5 liter perhari selama 6 tahun akan mengalami gigi berlubang pada seluruh bagian leher gigi mereka. Fakta lainnya menyebutkan, jus buah dan minuman berkarbonasi membuat gigi kehilangan mineral hingga 50% pada menit pertama. Jadi, buatmu yang merasa punya masalah dengan gigi berlubang, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam tinggi dan juga minuman berkarbonasi.

Satu lagi yang perlu kamu ingat, setelah makan makanan yang mengandung asam hindari menyikat gigi. Tunggulah minimal hingga 40 menit setelah makan kalau memang ingin membersihkan gigimu. Terakhir, jangan lupa membersihkan gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life