DCSIMG

How To Be Wealthy

#LebihBaik SATU: Kompak Mengatur Keuangan Keluarga

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-4-1

 

Mengatur keuangan keluarga memang gampang-gampang susah—diperlukan kekompakan dan komitmen dengan pasangan. Lengah sedikit, rencana keuangan bisa berantakan hingga timbul konflik dalam rumah tangga. Bright Friends nggak mau hal ini terjadi, bukan?

Be a team

Sebagai tim, maka kamu maupun pasangan akan berpikir ulang sebelum mengambil keputusan, terlebih jika keputusan tersebut berpotensi mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Sebagai tim, kamu dan pasangan juga perlu berkomunikasi dengan baik. Maka, terbukalah dengan pasangan soal pemasukan dan pengeluaran keluarga sekecil apa pun itu.

Tentukan tujuan keuangan keluarga bersama

Sebagai tim, kamu dan pasangan pun tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai bersama, seperti memiliki atau merenovasi rumah, berinvestasi, atau sesimpel mewujudkan tujuan-tujuan jangka pendek seperti liburan. Nah, gunakanlah tujuan tersebut sebagai alasan untuk mengatur keuangan.

Memprioritaskan keuangan keluarga

Dengan tujuan keuangan keluarga, maka penghasilan yang masuk setiap bulan harus diatur berdasar tujuan-tujuan tersebut. Misalkan, berapa persen pos kebutuhan harian, pos dana darurat, dan pos investasi.

Diskusikan kebutuhan pribadi

Meski memiliki rencana keuangan keluarga, bukan berarti kita abai dengan keinginan dan kepentingan pribadi. Baik kamu maupun pasangan akan merasa lebih nyaman berbelanja kebutuhan pribadi dengan memanfaatkan pos tersendiri. Untuk itu, tentukanlah sejak awal berapa persen dari penghasilan yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi keinginan pribadi.

Intinya, dalam mengelola keuangan akan lebih menyenangkan bila bisa saling terbuka dan menerima karakter masing-masing. Siapa yang boros akan menerima ketika diingatkan, dan yang terlalu mencintai hobi, nggak tersinggung saat diminta untuk menahan diri. Semua, kan, demi terwujudnya tujuan keuangan bersama. Ya, nggak?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life