DCSIMG

How To Be Wealthy

Keuntungan Berinvestasi di Pasar Modal Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-3-6

 

Buatmu yang ingin mengembangkan aset di pasar modal, pasar modal syariah sekarang makin banyak diminati, lho. Mengapa? Untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, investasi pasar modal syariah paling mungkin memberikan imbal hasil maksimal.

Sebelum mencari tahu saham syariah mana yang memiliki kinerja baik, pahami dulu kategori saham syariah. Emiten bisa dikategorikan dalam kelompok syariah jika memenuhi persyaratan yang nggak bertentangan dengan Peraturan Bapepam dan LK Nomor IX.A.13. Peraturan ini bertugas untuk memastikan sebuah usaha menjalankan kegiatannya, mulai dari akad, cara, hingga kegiatan lain, sesuai dengan prinsip syariah. Artinya, semua usaha yang mengandung unsur judi, riba, perdagangan tanpa barang/jasa, dan jual-beli berisiko lain nggak termasuk dalam kategori syariah.

Mengapa pasar modal syariah lebih disarankan untuk investasi? Dari segi kinerja, biasanya emiten syariah harus dipastikan memiliki rasio utang berbasis bunga dibanding modal kurang dari 45%. Selain itu, emiten juga harus memiliki rasio total pendapatan bunga dan total pendapatan nggak halal kurang dari 10% jika dibandingkan dengan total pendapatan usaha. Dengan kata lain, di samping bisa dijamin kehalalannya, saham syariah juga lebih sehat dibandingkan saham konvensional, mengingat jumlah rasio utang nggak boleh lebih dari 45% dibandingkan modal.

Pemilihan instrumen investasi akan sangat berpengaruh pada tujuan keuanganmu, karena itu pertimbangkan banyak hal dalam memilih investasi, jika perlu konsultasikan terlebih dulu dengan pakar keuangan. Bagaimanapun juga, pemilihan investasi saham sebaiknya dilakukan untuk tujuan keuangan jangka panjang atau 10 tahun ke atas. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan imbal hasil dan meminimalisasi risiko yang timbul akibat fluktuasi.

Perlu kamu tahu, sejauh ini hanya saham syariah lho yang bisa bertahan menghadapi goncangan krisis yang terjadi pada awal tahun 2000 lalu. Jadi, nggak perlu ragu lagi, kan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life