DCSIMG

How To Be Happy

Hedonic Treadmill: Penyebab Karyawan Tak Pernah Puas

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-3-3

 

Hampir semua karyawan merasa nggak puas dengan gaji yang diterima. Ternyata, penyebab timbulnya rasa nggak pernah puas ini adalah hedonic treadmill.

Menurut treehugger.com, hedonic treadmill adalah konsep psikologi yang menggambarkan seseorang merasa lebih bahagia saat mereka melakukan tindakan konsumtif. Biasanya, orang yang terkena sindrom hedonic treadmill akan selalu merasa penghasilannya nggak bisa menutupi pengeluaran bulanan, sekalipun gaji sudah naik berkali-lipat dari nominal gaji sebelumnya.

Kenaikan pendapatan bulanan akan dibarengi dengan kenaikan pengeluaran. Parahnya, beberapa orang justru mengalami pengeluaran bulanan yang jauh lebih besar ketika pendapatan naik. Jadi, pendapatan bulanan lebih sering habis sehingga nggak ada lagi dana sisa untuk tabungan maupun investasi. Padahal, idealnya ketika pendapatan naik, siapa pun memiliki kesempatan lebih besar untuk menyisihkannya. Merasa mulai terbawa arus hedonic treadmill? Coba deh evaluasi keuanganmu.

Agar terlepas dari hedonic treadmill, kamu harus menumbuhkan kesadaran dan kedisiplinan terlebih dahulu. Coba tanamkan dalam pikiran bahwa penghasilan saat ini bukan cuma untuk membiayai kehidupan sekarang, melainkan untuk keperluan masa depan—dalam jangka pendek maupun panjang. Selain itu, camkan juga bahwa penghasilanmu harus bisa meng-cover keadaan darurat yang nggak diinginkan, misalnya saja saat anak, orangtua, atau pasangan tiba-tiba jatuh sakit.

Terakhir, cara yang paling jitu untuk mengeluarkan kamu dari putaran hedonic treadmill adalah dengan menentukan cita-cita atau tujuan keuangan. Tujuan keuangan akan menjadi motivasi tersendiri buatmu untuk menyisihkan uang, Bright Friends.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life