DCSIMG

How To Be Happy

Hikmah Kurban dan Teladan Nabi

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-3-1

 

Hari ini, umat muslim merayakan Idul Adha. Hari raya ini disebut juga sebagai Lebaran Haji atau Idul Kurban. Dinamakan Lebaran Haji karena sekaligus bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Haji, sedangkan Idul Kurban karena ada kewajiban untuk menyembelih hewan kurban bagi mereka yang mampu. Menengok sejarah Idul Adha, maka hari besar ini akan lekat hubungannya dengan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, puteranya. Sejarah kurban dimulai ketika Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih anaknya sebagai bukti keimanan.

Tradisi kurban dalam Idul Adha sendiri memiliki dua dimensi, yaitu ibadah dan sosial. Dimensi ibadah dalam tradisi kurban jelas merupakan bentuk ketaatan hamba kepada Allah. Ketaatan tersebut harus dilakukan dengan rasa ikhlas, agar setiap hambanya memiliki ikatan yang kuat dengan Allah. Sedangkan dimensi sosial ibadah kurban adalah memberikan kesejahteraan kepada lingkungan sekitar, terutama bagi mereka yang kurang mampu.

Makna kurban sendiri dalam Idul Adha berarti bahwa kita harus ikhlas menghadapi dan menjalankan cobaan dari Allah. Seperti halnya Nabi Ibrahim yang mendapat cobaan untuk menyebelih anaknya, dan mampu menjalankannya dengan tulus dan ikhlas. Kurban nggak hanya sekadar wujud dari ibadah, tapi juga keikhlasan dalam menjalankan setiap perintah-Nya. Karena jika nggak, maka akan sia-sia semua ibadah yang kita lakukan. Dalam berkurban kita harus benar-benar mencari ridha Allah, bukan untuk tujuan lain. Inilah hikmah dan hakikat kurban yang sebenar-benarnya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life