DCSIMG

How To Be Healthy

Bahaya Botol Plastik di Sekitarmu

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep-2-7

 

Minuman dalam botol plastik memang praktis. Sayang, faktanya botol plastik lebih banyak membawa keburukan ketimbang kebaikan. Ya, botol plastik merupakan limbah yang sulit terurai. Selain itu, botol plastik juga berbahaya bagi kesehatan. Bahan dasar plastik adalah minyak bumi yang jika diolah akan menghasilkan banyak senyawa.

Beberapa jenis plastik memang aman digunakan untuk makanan dan minuman, tapi itu pun hanya bisa digunakan satu kali. Jenis plastik PET—yang biasa digunakan sebagai kemasan air minum—saat dipakai ulang, akan membuatnya melepaskan zat kimia berbahaya. Lalu, apa saja masalah kesehatan yan bisa ditimbulkan oleh botol plastik? Mari kita simak.

  1. Masalah pada kehamilan

Botol plastik berbahaya bagi ibu hamil karena mengandung bahan berbahaya yang disebut BPA. Ibu hamil yang terlalu sering terpapar BPA berpotensi mengalami kelainan kromosom sehingga menyebabkan cacat pada bayi.

  1. Pubertas dini

Jangan biarkan si kecil terlalu sering mengonsumsi minuman dari wadah berbahan plastik. Ini menyebabkan ia mengalami pubertas dini akibat paparan bahan kimia yang mengubah struktur hormon estrogen. Nggak menutup kemungkinan, hal ini juga meningkatkan risiko kanker prostat dan payudara.

 

  1. Infeksi

Air minum isi ulang dalam botol plastik berbahaya bagi kesehatan, karena dalam setiap bahan kimia, terkandung bakteri yang mengancam. Jadi, daripada risiko infeksi kian tinggi, lebih baik menghindarinya.

 

  1. Penyebab kanker

Lagi-lagi, bahan kimia yang terkandung dalam botol plastik membuatmu rentan terhadap penyakit kanker, terlebih ketika botol plastik diisi oleh air hangat. Senyawa kimia di dalamnya akan bereaksi dan menghasilkan senyawa karsinogetik penyebab kanker.

Nah, sudah tahu faktanya, kan? Ada baiknya Bright Friends mulai menggunakan botol berbahan kaca atau botol plastik berlabel “food grade” yang sudah pasti aman.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life