DCSIMG

How To Be Healthy

Game Online Tingkatkan Risiko Depresi

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep 5

 

Sesekali, beri kesempatan kepada tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat. Istirahat dalam arti benar-benar bebas dari kegiatan, nggak terkecuali sekadar berselancar di dunia maya ataupun main game online.

Jika kamu terlalu sering mengakses media sosial atau berselancar di dunia maya selama berjam-jam, bisa jadi saat ini kamu tengah mempertaruhkan kesehatan mentalmu. Mereka yang terlalu sering online terancam mengalami depresi dan terkena gangguan mental lain lho—menurut sebuah penelitian dari University of Gothenburg—seperti stres, gangguan tidur, dan depresi.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa ponsel selalu memicu stres, khususnya ketika seseorang merasa bersalah nggak membalas pesan yang masuk. Ponsel juga kerap memintamu untuk selalu stand by dalam hal pekerjaan hingga kehidupan pribadi. Inilah yang membuatmu nggak bisa beristirahat secara maksimal hingga akhirnya merasa kelelahan sepanjang hari.

Dalam sehari, rata-rata orang akan menghabiskan 75 menit waktunya untuk mengakses Facebook. Perempuan menghabiskan waktu sebanyak 81 menit, sedangkan pria hanya selama 64 menit. Nah, yang lebih mengerikan, risiko depresi tersebut akan meningkat pada orang yang hobi main game online. “Main game online selama 1–2 setiap hari dapat meningkatkan risiko depresi hingga dua kali lipat pada perempuan,” jelas Sara Thomee, ketua penelitian tersebut, seperti yang dikutip dari dailymail.uk.

Tim peneliti kemudian menyarankan tiap orang agar membatasi diri berinteraksi dengan komputer dan gadget. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya risiko gangguan mental di kemudian hari. Nah, melihat fakta tersebut, apa Bright Friends mulai berpikir untuk menjauhkan gadget demi memberikan waktu kepada tubuh untuk relaks? Menjauhkan gadget pada jam-jam istirahat juga memberikanmu waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang terdekat di rumah.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life