DCSIMG

How To Be Healthy

Langsing Tanpa Diet? Bisa!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep 3

Nggak perlu diet mati-matian untuk bisa mencapai berat tubuh ideal. Cukup dengarkan sinyal tubuh dan mulai mengubah pola hidup. Maksudnya?

Kunci dari berat badan ideal adalah hidup aktif dan lebih peka terhadap sinyal tubuh. Saat lapar, tubuh biasanya akan memberikan sinyal tertentu, misalnya, konsentrasi menurun, perut berbunyi, hingga pusing. Namun terkadang perut berbunyi saja nggak cukup untuk dijadikan sebagai patokan bahwa tubuh memerlukan energi. Terkadang, perut pun berbunyi ketika hidungmu mencium aroma masakan atau mata melihat makanan di etalase toko. Bisa jadi ini sekadar “lapar mata”. Untuk memastikan kamu benar-benar lapar, ketika perut mengeluarkan bunyi, coba minum beberapa gelas air terlebih dahulu. Jika setelah minum tubuhmu merasa segar kembali, itu artinya kamu hanya dehidrasi, bukan lapar. Namun jika setelah minum nggak ada perubahan berarti pada tubuhmu, maka segeralah makan.

Ingin langsing bukan berarti memangkas semua asupan makanan secara membabi buta. Ingat, agar berfungsi secara optimal, tubuh memerlukan semua nutrisi yang terdapat dalam makanan, mulai dari karbohidrat, lemak, hingga kolesterol. Kunci agar kamu nggak kalap saat makan adalah dengan mengunyahnya secara perlahan. Mulailah makan dari makanan yang paling kamu suka dan cobalah menggunakan wadah kecil. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi porsi makanmu.

Agar semua nutrisi yang dikonsumsi bisa maksimal, pilihlah makanan sehat. Perbanyak serat, buah, karbohidrat kompleks, serta makanan yang menjadi sumber lemak dan kolesterol baik. Karena, terlalu ekstrem mengonsumsi salah satu nutrisi atau memangkas asupannya bisa menyebabkan gangguan fungsi tubuh. Misalnya, jika kamu terlalu banyak konsumsi protein tanpa mengimbanginya dengan sayuran dan nutrisi lain, dalam jangka panjang, kamu berisiko mengalami gagal ginjal.

Setelah gizi terpenuhi, jangan lupa juga untuk aktif bergerak. Aktif yang dimaksud nggak hanya bergerak untuk berolahraga. Usahakan untuk bergerak secara reguler. Misalnya, setiap duduk satu jam, bangunlah selama 5 menit untuk berjalan ke pantry atau mungkin sekadar meluruskan kaki. Selain itu, kalau tempat kerjamu masih bisa dijangkau menggunakan tangga, lebih baik memilih tangga alih-alih menggunakan elevator.

Siapa bilang langsing itu susah? Dengan komitmen untuk hidup sehat dan seimbang, kamu bisa kok mencapai berat badan yang ideal. Dan kalau bisa langsing secara alami, kenapa harus menjalani diet ketat hingga minum obat-obatan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life