DCSIMG

Inspiring Story

Ciri-ciri Peluang Kerja yang Harus Ditolak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep 2

Zaman sekarang, mencari kerja memang nggak mudah, Bright Friends. Namun bukan berarti kamu bisa begitu saja menerima tawaran kerja yang masuk, karena saat ini, nggak sedikit oknum yang menjadikan para pencari kerja sebagai target penipuan. Berikut ini tanda-tanda perusahaan yang harus kamu tolak tawarannya.

Tak profesional

Semua perusahaan akan menghubungi calon karyawan melalui email perusahaan dan biasanya hanya dilakukan saat jam dan hari kerja. Calon perekrut juga akan memberikan informasi detail mengenai apa saja yang harus dipersiapkan, gambaran tentang pekerjaan yang ditawarkan, hingga detail tes yang akan dijalani oleh calon karyawan. Kalau kamu mendapati komunikasi yang nggak profesional dari pihak HRD, seperti komunikasi melalui email pribadi, mengirim email sepotong-potong dengan bahasa nonformal, hingga menghubungimu di luar jam kerja, kamu patut curiga.

Tempat kerja suram

Bagaimanapun juga kenyamanan tempat kerja sangat menentukan performamu selama bekerja. Kalau kamu nggak merasa cocok dengan suasana tempat kerja, bahkan membahayakan diri jika kamu pulang larut, lebih baik cari peluang kerja di tempat lain.

Deksripsi karier kurang jelas

Hal lain yang menjadi alasan kamu harus menolak peluang kerja adalah ketika perekrut nggak bisa menjawab dengan tegas perihal pekerjaan yang ditawarkan kepadamu. Hati-hati ketika ditanya tentang deskripsi pekerjaan, mereka malah menjawab “jobdesc nggak menutup kemungkinan akan berkembang”, atau “kamu juga bisa saja diperbantukan ke divisi lain”. Kalau mendapati jawaban seperti ini, lebih baik mundur karena biasanya perusahaan seperti ini masih belum memiliki manajemen karyawan yang jelas atau mungkin sumber daya mereka masih minim sehingga karyawan dari satu divisi biasa diperbantukan ke divisi lain.

Mengikat kerja tanpa kontrak resmi

Kontrak kerja adalah senjata utama karyawan jika perusahaan melakukan tindakan sewenang-wenang di luar kesepakatan. Kalau kamu mendapat tawaran dari perusahaan yang nggak bisa menyediakan perjanjian atau surat kontrak dengan jelas, lebih baik pikir ulang, Bright Friends. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena terburu-buru mengambil keputusan. Yakin deh, ketika kamu berusaha dengan maksimal, peluang kerja yang terbaik akan datang tanpa perlu dipaksakan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life