DCSIMG

How To Be Wealthy

Waspadai 4 Situasi yang Sering Membuatmu Boros

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

sep 1

Kamu pasti pernah mengalami beberapa hal yang kemudian menjadi “pemakluman” untuk menghabiskan uang. Namun coba pikir lagi deh, kalau kondisi seperti itu terus-menerus dimaklumi, kapan kamu bisa berhemat dan mulai menyisihkan uang untuk masa depan?

Rencana diet

Ingin menurunkan berat badan dan mulai hidup sehat? Boleh-boleh saja, kok. Namun bukan berarti kamu membeli keperluan diet tanpa perhitungan. Pertama, pastikan kalau keinginanmu ini bukan sementara, artinya berkomitmenlah untuk menjalaninya secara konsisten. Setelah itu, buatlah anggaran tetap untuk gaya hidup sehatmu ini. Misalnya, dalam sebulan, kamu menganggarkan dana untuk membayar keanggotaan pusat kebugaran dan membeli produk makanan sehat pendamping.

Sedih atau patah hati

Kebanyakan orang akan menghalalkan segala cara untuk menghibur hati, mulai dari makan hingga belanja. Padahal, saat sudah menghabiskan uang untuk belanja, belum tentu juga kesedihan akan hilang. Terlebih, biasanya mereka berbelanja untuk hal-hal yang nggak dibutuhkan. Kunci untuk menyembuhkan perasaan sedih adalah ikhlas dan mantapkan hati untuk move on, bukan dengan mengorbankan tabungan demi melupakan masalah sesaat.

Liburan

Bujet liburan sudah dibuat, hotel, tiket pesawat, dan akomodasi lain sudah selesai dibayar, tapi menjelang keberangkatan pasti ada saja pengeluaran yang nggak diperlukan. Misalnya, saat sedang melewati pusat perbelanjaan, kamu merasa memerlukan kamera baru, baju baru, hingga koper baru. Padahal, semua barang tersebut sudah kamu miliki dan masih berfungsi dengan baik. Nah, kalau ini kebiasaanmu, sebaiknya saat membuat anggaran liburan, masukkan juga anggaran nggak terduga. Jangan sampai pengeluaran-pengeluaran kecil bertumpuk dan membuatmu terancam kekurangan dana saat liburan tiba.

Terlalu lelah bekerja

Hal lain yang juga bisa menggerogoti keuanganmu adalah alasan terlalu lelah bekerja dan perlu memberikan reward pada diri sendiri. Memang benar ada kalanya kita harus memberikan penghargaan kepada diri sendiri, tapi supaya nggak merusak keuangan, anggarkan biaya reward tersebit setiap bulannya. Biaya inilah yang nantinya bisa digunakan untuk menghibur diri.

Bagaimana, kamu siap belajar lebih cermat menghadapi berbagai situasi kehidupan untuk menghindari pemakaian uang dengan ceroboh? Jika ingin berkonsultasi lebih jauh soal keuangan pribadi, kamu bisa klik www.brightadvisor.co.id dan berbincang langsung dengan penasihat keuangan profesional Sun Life Financial Indonesia secara gratis

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life