DCSIMG

How To Be Wealthy

Pengelolaan Keuangan Keluarga dengan Prinsip Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_111269969

Rasanya percuma bila kondisi keuangan keluarga mencukupi tetapi nggak disertai dengan ketenangan hati. Setuju? Karena itulah, mulai banyak keluarga yang kemudian memutuskan untuk mengelola keuangan secara syariah, tentu demi mendapatkan keberkahan dalam hidup dan juga ketenangan hati.

Nggak mesti keluarga muslim lho, konsep keuangan syariah bisa diterapkan oleh siapa pun karena sifatnya general. Tahap pertama pengelolaan keuangan syariah adalah menjalani hidup dengan sederhana. Hindari hidup boros atau konsumtif. Kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana yang hanya merupakan keinginan. Alokasikan dana untuk kebutuhan hidup setiap bulan sebesar 40% dari penghasilan.

Setelah menyisihkan dana untuk kebutuhan hidup, coba cek, apakah kamu memiliki utang konsumtif yang tertunda? Utang konsumtif adalah utang yang nggak menunjang produktivitasmu. Jika ada, segera lunasi karena utang konsumtif bisa membuat keuangan keluarga nggak sehat, Bright Friends. Langkah selanjutnya, berikan perlindungan kepada diri sendiri dan keluarga dengan asuransi. Supaya perlindungan sejalan dengan prinsip keuangan, kamu bisa memilih produk asuransi syariah.

Terakhir, yang sering banyak orang lupakan adalah zakat atau sedekah, padahal ada hak orang lain dalam rezeki yang kita dapatkan. Jadi, selalu sisihkan minimal 2.5% penghasilan tiap bulanmu untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Selain bermanfaat untuk orang lain, sedekah dan zakat membuat hati dan hidupmu lebih tenteram.

 

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life