DCSIMG

How To Be Wealthy

4 Cara Agar Kendaraan Hemat Bahan Bakar

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_200884493

Bagi pemilik kendaraan, salah satu pengeluaran terbesar berada di pos bahan bakar. Kamu bisa kok menyiasati supaya kendaraan kesayanganmu lebih irit pemakaian bahan bakarnya. Simak artikel berikut.

Isi bahan bakar pada malam hari

Sebaiknya, isi tangki bahan bakar kendaraanmu ketika suhu udara di luar dingin, yakni malam atau pagi hari. Bahan bakar memiliki komponen molekul yang mudah menguap. Kondisi udara luar yang dingin akan membuat molekul bahan bakar lebih rapat sehingga kamu akan mendapatkan volume bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan saat mengisi bahan bakar pada siang hari.

Hindari menarik dan menurunkan gas secara dadakan

Kebiasaan ngebut-ngebutan atau ugal-ugalan di jalan membuat bahan bakar kendaraanmu lebih boros. Buka atau injaklah pedal gas secara perlahan. Lakukan hal sama saat kamu melakukan pengereman.

Hindari membawa beban berlebihan

Muatan berlebih akan memaksa kendaraan bekerja keras dan berujung pada penggunaan bahan bakar yang boros. Karena itu, hindari membawa muatan melebihi beban yang dianjurkan. Selain membuat bahan bakar boros, muatan berlebihan bisa merusak shock breaker kendaraan. Niat irit ongkos dengan membawa semua beban hanya dengan sekali jalan, kamu justru berpotensi merusaknya.

Lakukan perawatan berkala

Agar mesin bekerja dengan baik, lakukan perawatan kendaraan secara berkala. Juga, isi bahan bakar menggunakan oktan tinggi. Kombinasi bahan bakar beroktan tinggi dan mesin yang terawat menghasilkan pembakaran bahan bakar lebih optimal sehingga penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Coba terapkan tips di atas dan rasakan sendiri perbedaan pengeluaran ongkos bahan bakar sebelum dan sesudahnya. Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life