DCSIMG

How To Be Healthy

Kedelai Bisa Mendatangkan Penyakit, Ini Penjelasannya

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_297970307Seperti yang kita ketahui, kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatanmu. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, kedelai justru bisa mendatangkan penyakit. Mengapa begitu?

Kandungan Isoflavon pada kedelai dapat meningkatkan hormon estrogen laki-laki maupun perempuan, yang menyebabkan sistem reproduksi terganggu. Bahkan, pada sejumlah penelitian, diketahui bahwa jumlah sel sperma laki-laki menurun usai mengonsumsi kedelai.

Risiko paling besar dari mengonsumsi kedelai berlebihan adalah adanya gangguan pada kelenjar tiroid. Kelebihan kelenjar tiroid atau hipotiroid dapat menyebabkan obesitas, infertilitas, nyeri sendi, hingga penyakit jantung. Beberapa studi juga menemukan bahwa kedelai bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Namun hal ini masih menimbulkan pro dan kontra karena ada pula penelitian yang justru mengklaim pengonsumsian kedelai bisa menurunkan risiko kanker.

Sama seperti makanan sehat lainnya, kedelai pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itu, cara paling mudah untuk mengurangi dampak buruk dari kedelai adalah dengan nggak mengonsumsinya secara berlebihan. Imbangi asupan harianmu dengan buah dan sayur, dan rutin berolahraga untuk membuat tubuh nggak mudah terserang penyakit.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life