DCSIMG

Inspiring Story

Kata Peneliti soal Konsep “Bekerja dari Rumah”

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Beberapa perusahaan sudah menerapkan sistem work from home atau bekerja dari rumah. Namun sebagian perusahaan lainnya belum bisa memberlakukan sistem tersebut.

shutterstock_224662870Salah satu alasan yang masih memberatkan pihak pengusaha untuk melepas karyawan mereka bekerja dari rumah adalah ketidakpercayaan bahwa karyawan bisa bekerja maksimal tanpa pengawasan. Padahal, ketika di kantor, secara teknis nggak ada atasan yang benar-benar berada di samping karyawan untuk memastikan anak buah mereka bekerja. Banyak atasan yang lebih memilih untuk mengirim email dan mengobrol lewat aplikasi, terlebih pada perusahaan multinasional. “Kami berada pada tempat berbeda dan zona waktu yang berbeda. Kami lebih sering bekerja secara virtual. Karyawan kami seperti nggak lagi memerlukan gedung untuk bekerja,” ujar Kate Lister, president of Global Workplace Analytics seperti yang dikutip dari cnn money.com.

Banyak pula atasan yang berasumsi bahwa karyawan nggak produktif jika bekerja di rumah. Padahal, jika karyawan memiliki tempat yang cukup dan fasilitas yang memadai di rumah, rasanya produktivitas bukan lagi hal yang harus ditakutkan. Penelitian justru membuktikan bahwa karyawan bisa lebih berkonsentrasi saat bekerja dari rumah. Kenyamanan di rumah membantu mereka mengurangi stres. Produktivitas pun akan meningkat jika mereka terlepas dari tekanan.

Beberapa asumsi mengatakan bahwa jika karyawan bekerja dari rumah, maka kerja sama atau kesolidan yang telah dibangun bisa runtuh. Faktanya, bekerja dari rumah bukan berarti mengisolasi pekerja dari dunia luar. Penelitian membuktikan, karyawan yang diberi kesempatan bekerja dari rumah dua kali dalam seminggu justru memiliki komunikasi lebih baik dengan rekan kerja dibandingkan dengan mereka yang berkantor setiap hari.

Banyak asumsi tentang konsep bekerja dari rumah yang hanya dibuat berdasarkan perkiraan, padahal penelitian berkata lain. Bagaimana denganmu? Ada di kubu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life