DCSIMG

How To Be Wealthy

Lebih Berkah dengan Sistem Keuangan Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_291983483Saat ini, pengelolaan keuangan secara syariah nggak hanya diminati oleh kaum muslim. Apa yang kemudian membuat sistem ini mulai diminati banyak kalangan?

Keuangan syariah memang dibuat dengan mengacu pada sumber hukumnya yaitu Alquran dan hadis, dalam melakukan kegiatan bisnis, syariah memiliki karakter universal artinya keuangan syariah bisa diaplikasikan pada semua orang, nggak terbatas pada umat muslim. Jadi, didalam kegiatan bisnis atau ekonomi, sistem syariah tidak mengganggu kenyakinan dan cara ibadah manapun juga. Bahkan, keuangan syariah sangat menjunjung tinggi prinsip sosial, seperti kebersamaan, kejujuran, keadilan, tolong-menolong, transparansi dan berbagi kepada sesama.

Bagi umat muslim, keuangan nggak hanya dikelola untuk memenuhi kebutuhan harian dan masa depan semata, tapi juga mengharap rida Allah. Nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam prinsip keuangan syariah juga mengajarkan orang untuk nggak kikir dan mau membantu sesama. Berikut beberapa perbedaan antara pengelolaan keuangan secara konvensional dan syariah:

  1. Cara mengelola arus kas menggunakan sistem cash basis
  2. Penentuan prioritas dalam mencapai tujuan hidup yaitu menjaga keselamatan jiwa, harta, akal, keluarga dan kenyakinan (bagi pemeluknya)
  3. Penggunaan produk yang halal, sesuai dengan ketentuan didalam Alquran dan hadis
  4.  Distribusi kekayaan secara merata

Umat muslim percaya bahwa semua yang mereka miliki pada dasarnya hanyalah titipan Tuhan. Karena itu, lebih baik jika harta titipan tersebut dikelola dengan cara-cara halal. Inti dari pengelolaan keuangan syariah adalah mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan dunia serta akhirat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life