DCSIMG

How To Be Healthy

Bigoreksia, Gangguan Pola Makan pada Pria

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_172408724

Bukan cuma perempuan yang bisa mengalami gangguan pola makan. Beberapa pria pun kerap mengalami gangguan berkaitan dengan bentuk tubuh dan pola makan yang disebut dengan bigoreksia.

Sebuah penelitian dari University of Sydney mengatakan bahwa pria bisa mengalami gangguan yang berkaitan dengan bentuk tubuh dan pola makan. Penelitian tersebut merupakan studi dengan skala besar pertama yang menganalisis gangguan mental dalam mencapai bentuk tubuh ideal. Penelitian tersebut dilakukan pada pria maupun wanita. Jika dalam mencapai bentuk tubuh tertentu perempuan akan mengalami anoreksia, maka pria bisa mengalami bigoreksia.

Gangguan bigoreksia ditandai dengan gangguan citra tubuh dan pola makan. Pria yang kerap melakukan olahraga atau pergi ke gym terlalu sering untuk membentuk otot-otot tubuh, mengonsumsi suplemen protein berlebihan, atau yang merasa tubuhnya nggak bagus padahal sudah banyak otot terbentuk perlu mewaspadai penyakit ini karena berbeda dengan anoreksia, bigoreksia seringkali nggak terdeteksi. Padahal bigoreksia berdampak buruk pada kesehatan mental pria, seperti mudah cemas dan depresi, sulit percaya diri, sulit merasa puas, hingga gangguan sosialisasi.

Roberto Olivardia dari Harvard Medical School—salah satu kelompok peneliti medis yang pertama kali menciptakan istilah bigoreksia—menjelaskan, solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mencari dukungan mental, baik dari orang terdekat maupun ditangani secara medis. Jadi, kalau kamu merasa memiliki teman pria dengan ciri di atas, coba lakukan pendekatan secara personal. Berbeda dengan perempuan yang lebih terbuka, pria cenderung lebih sulit membicarakan hal pribadi semacam ini.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life