DCSIMG

How To Be Wealthy

Berutang Boleh Saja, Asal…

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_366852749

Nggak selamanya berutang itu buruk, Bright Friends. Berutang diperbolehkan kok, tapi dengan catatan berikut.

Utang selalu dikonotasikan dengan hal negatif. Beban cicilan tiap bulan dan tambahan pengeluaran sering membuat orang cenderung menjadi stres. Namun jika kamu bisa mengelolanya dengan baik dan untuk kasus tertentu, justru berutang sebenarnya dianjurkan. Berutang dianjurkan jika kamu melakukannya untuk tujuan mempersiapkan masa depan, bukan karena tuntutan gaya hidup.

Mempersiapkan masa depan tentu lebih baik dilakukan sejak dini, saat kamu belum memiliki tanggungan, Bright Friends. Biaya menikah, rumah, hingga kendaraan seenggaknya menjadi tiga prioritas tujuan keuangan yang harus kamu pikirkan untuk jangka waktu 5 hingga 10 tahun dari sekarang. Untuk biaya menikah, misalnya, kamu masih bisa “mengakalinya” dengan mengubah uangmu dalam bentuk produk investasi. Namun untuk urusan rumah dan kendaraan, cara yang digunakan oleh banyak orang adalah mengajukan kredit ke bank.

Tentu kamu tetap harus ingat bahwa besaran utang untuk keuangan yang sehat adalah 30 persen dari total pemasukan rutin bulanan, jadi prioritaskan mana yang paling kamu butuhkan dan bisa menunjang produktivitasmu, rumah atau kendaraan. Jangan sampai kewajiban bulanan lebih besar dari pemasukan. Ingat bahwa selain menyiapkan kebutuhan jangka menengah, kepentingan jangka panjang—yakni masa pensiun—juga perlu dipikirkan demi masa tua yang sejahtera. Jadi, jangan terlalu fokus mengalokasikan uang pada satu target sehingga melupakan target lain yang nggak kalah penting.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life