DCSIMG

How To Be Wealthy

Ini Saatnya Merencanakan Ibadah Haji

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_445611721Biaya untuk menunaikan ibadah haji memang nggak sedikit, Bright Friends. Alasan itulah yang kerap menyurutkan semangat orang-orang untuk berhaji. Padahal, tingginya biaya haji bukan untuk ditakuti, melainkan dijadikan sebagai tantangan untuk mewujudkannya.

Coba yuk, mulai buat perhitungan ongkos naik haji untuk memperkirakan kapan kamu bisa menginjakkan kaki ke tanah suci. Biaya haji setiap tahun fluktuatif, tapi jika diambil rata-ratanya, biaya haji berada di kisaran USD2.600 atau setara dengan Rp34 juta untuk ONH reguler. Supaya bisa terdaftar, kamu harus memiliki Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPI) dan nomor porsi haji. Sementara untuk mendapatkan SPPI, kamu harus menyetorkan dana sebesar Rp25 juta kepada bank penyelenggara.

Setelah menyetorkan dana dan mendapat nomor porsi haji, kamu akan diberi info mengenai tahun keberangkatan oleh pihak penyelenggara. Tahun keberangkatan bergantung pada kuota setiap embarkasi. Sebagai informasi, Bright Friends, kuota haji untuk embarkasi Jakarta sudah terisi hingga 13 tahun ke depan. Jika kamu memilih ONH plus, tahun keberangkatanmu mungkin bisa lebih cepat lima tahun, tapi biaya untuk ONH plus ini bisa mencapai 2 kali lipat dari ONH reguler.

Nah, mengingat antrean yang demikian panjang, tentu mempersiapkan dana haji lebih baik dilakukan sedini mungkin. Untuk dana awal, setidaknya kamu perlu menyisihkan Rp1 juta setiap bulan ke dalam tabungan khusus. Atau, kamu bisa mengalihkan dana tersebut ke produk investasi jangka pendek. Selamat berjuang mewujudkan impianmu beribadah, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life