DCSIMG

How To Be Healthy

Ini Penyebab Siklus Menstruasi Berantakan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_452115085

Sering telat datang bulan atau menstruasi nggak rutin setiap bulannya? Coba baca penjelasan berikut sampai tuntas.

Umumnya, perempuan akan mengalami periode menstruasi setiap bulan, atau dengan rentang waktu 21-40 hari. Nah, buatmu yang sering terlambat datang bulan, menstruasi nggak datang setiap bulan, bahkan tiba-tiba menstruasi berhenti sama sekali dalam kurun waktu tertentu, apakah pernah mengonsultasikannya ke dokter kandungan?

Menurut dokter kandungan sekaligus penulis buku V is for Vagina Alyssa Dweck, M.D., ada beberapa faktor yang mempengaruhi siklus menstruasimu setiap bulan.

Olahraga berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang nggak baik untuk tubuh, Bright Friends, begitu juga dengan olahraga. Olahraga berlebihan atau terlalu berat bisa membuat menstruasimu nggak teratur atau berhenti untuk waktu tertentu. Nggak hanya itu, kamu yang mengalami penurunan berat badan secara drastis dan memiliki indeks massa tubuh di bawah 18 juga berpeluang mengalami hal sama.

Stres

Saat stres atau tertekan, area otak hipotalamus-mu bisa saja ikut terganggu. Area hipotalamus merupakan tempat hormon menstruasimu diatur. Jadi, stres sangat mungkin bikin pola menstruasi nggak teratur.

Jenis KB yang dipilih

Salah satu dampak penggunaan KB—baik IUD hormonal, implan, maupun suntikan—adalah pola menstruasi yang nggak teratur. Namun nggak perlu khawatir, menstruasi akan kembali seperti semula ketika kamu berhenti menggunakan alat-alat tersebut.

Menopause dini

Gejala menopause dini ditandai dengan vagina kering, sering berkeringat pada malam hari, dan hot flashes. Perempuan di bawah usia 40 tahun yang mengalami penurunan hormon kewanitaan secara signifikan akan berpotensi mengalami menopause dini atau yang biasa disebut dengan kegagalan ovarium prematur.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life