DCSIMG

How To Be Happy

Arti Pendampingan Orangtua pada Masa Awal Anak Sekolah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_110699252Pekan ini masih merupakan pekan awal bagi anak untuk mengenal dunia sekolah. Pada masa awal masuk sekolah inilah keberadaanmu sebagai orangtua sangat diperlukan oleh si kecil. Mengapa?

Masa sekolah menjadi masa paling ditunggu-tunggu sekaligus mendebarkan bagi anak. Campur aduk perasaan cemas, gembira, senang, sekaligus takut, dan nggak jarang disertai tangis, masih mewarnai minggu-minggu awal penyesuaian diri mereka di sekolah.

Sayang, sedikit orangtua yang menyadari perasaan anak sehingga nggak merasa perlu memberikan perhatian. Bahkan saat anak mulai merengek, menangis, atau tantrum di sekolah, orangtua malah memarahinya.

Di sinilah kehadiranmu dibutuhkan oleh si kecil. Perhatikan perubahan sikapnya, baik secara fisik maupun mental, untuk mengetahui apa yang mereka rasakan dan butuhkan pada masa ini. Tenangkan anak dan ceritakan pengalaman menarikmu selama bersekolah untuk meningkatkan antusiasmenya. Saat anak takut dan panik, jangan dimarahi. Bersikaplah setenang mungkin, sewajar mungkin, agar anak nggak tertekan. Usahakan pula untuk meluangkan waktu mengantarnya ke sekolah agar ia merasa tetap dekat denganmu. Terakhir, bujuk anak agar mau bersosialisasi dengan teman-temannya, kemudian biarkan ia berinteraksi dengan caranya sendiri. Pada tahap ini, sebagai orangtua, kamu sebaiknya hanya mengawasi, bukan mendikte.

Setiap anak memiliki karakter berbeda, jadi pendekatan antara satu anak dengan anak lainnya yang berbeda, dan yang bisa memahami itu hanyalah orangtua. Sebagai orangtua yang baik, tanggung jawab kita adalah membuat anak-anak merasa nyaman dan percaya diri sehingga bisa mengikuti kegiatan sekolah secara maksimal.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life