DCSIMG

How To Be Wealthy

Tiga Masalah Keuangan yang Harus Dibicarakan dengan Pasangan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

shutterstock_221823802

Pernikahan merupakan proses menyatukan dua orang dengan latar belakang dan kepribadian yang berbeda, sehingga akan banyak tantangan yang dihadapi. Salah satu faktor yang kerap mengganggu keharmonisan rumah tangga adalah masalah keuangan. Karena itu, sebelum menikah, diskusikan 3 masalah keuangan berikut ini dengan pasanganmu.

Gaya hidup

Gaya hidup bisa jadi masalah dalam rumah tangga. Solusinya, bicarakan visi dan misimu dengan pasangan serta bagaimana cara untuk mewujudkannya. Artinya, gaya hidup yang secara nggak langsung ikut mempengaruhi terwujudnya visi dan misi tersebut harus menjadi salah satu bahasan utama. Ada baiknya kamu dan pasangan saling mengevaluasi gaya hidup secara rutin agar keuangan stabil.

Rencana keuangan keluarga

Perencanaan keuangan keluarga harus dijadikan agenda berikutnya ketika kamu dan pasangan sudah berhasil menyatukan visi-misi rumah tangga. Tentukan tujuan keuangan keluarga, prioritas pembiayaan, dan dari mana sumber dananya. Usahakan untuk saling jujur dengan pasangan. Kalau kamu dan pasangan ingin tetap mempertahankan tabungan masing-masing, pertimbangkan juga untuk memiliki satu tabungan bersama khusus pos pengeluaran rumah tangga.

Masalah keuangan pasangan adalah masalahmu

Pentingnya keterbukaan masalah keuangan dengan pasangan adalah agar bisa bersama-sama mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Misalnya, jika kelak suami nggak punya dana cadangan dan sedang perlu dana tunai untuk membawa mobil ke bengkel, sebagai pasangan kamu tentu diharapkan bisa membantu. Begitu pula saat kamu membutuhkan bantuan, pasangan bisa menyediakan solusinya. Ingat, Bright Friends, tujuan menikah adalah untuk saling melengkapi, bukan?

Ina Teripada

seringkali kita tidak enak menceritakan kondisi keuangan tertentu kepada pasangan,
misalnya utang pribadi.
Bagaimana caranya membicarakan masalah utang pribadi kepada pasangan ya?
terima kasih

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life