DCSIMG

How To Be Happy

Pentingnya Menutup Aset Keluarga yang Sudah Meninggal

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Berurusan dengan kepergian salah satu anggota keluarga memang menyedihkan. Namun nggak mengetahui apa yang harus dilakukan terhadap asetnya bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Ini dia yang perlu kita lakukan pada aset yang ditinggalkan almarhum.

shutterstock_382700677Menutup kartu kredit

Untuk menghindari dimanfaatkannya kartu kredit oleh oknum-oknum yang nggak bertanggung jawab, sebaiknya pemblokiran kartu dilakukan dengan segera. Dalam prosesnya, kamu akan diminta melunasi seluruh tagihan terlebih dulu (bila ada), kemudian menutup kartu kredit utama, baru disusul dengan penutupan kartu kredit tambahan.

Menutup rekening bank

 Langkah ini akan lebih mudah dilakukan jika kamu mengetahui nomor rekening dan memegang buku tabungan almarhum. Jika nggak, kamu bisa meminta petugas bank mengeceknya untukmu dengan disertai dokumen pendukung yang menguatkan bahwa kamu merupakan salah satu ahli waris. Perlu kamu ketahui, Bright Friends, menutup rekening bank karena nasabah meninggal dunia nggak semudah yang dibayangkan. Selain harus dilakukan di kantor tempat pembukaan rekening, kamu juga akan diminta untuk melampirkan surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan notaris—yang artinya, akan ada biaya ekstra untuk jasa notaris. Apalagi, satu surat keterangan dari notaris hanya berlaku untuk penutupan pada satu bank aja. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah jika kamu atau keluarga mengetahui nomor pin kartu debit almarhum. Kosongkan saja saldonya hingga batas minimum, maka rekening akan tertutup dengan sendirinya seiring dengan waktu.

Menutup keanggotaan klub

Keanggotaan klub bisa ditutup atau dipindahtangankan. Kebanyakan keanggotaan klub membebankan iuran pertahun kepada anggotanya. Jadi, sebelum terkejut dengan tagihan yang datang, segera urus penutupannya dengan membuat keterangan tertulis untuk dikirimkan kepada pengurus klub.

Balik nama pemilik kendaraan

Mengingat denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan sebesar 2% perbulan, maka sebaiknya lakukan balik nama segera, tentu dengan menyertakan dokumen yang diperlukan.

Perubahan nama kepemilikan saham

Kamu dan keluarga harus sepakat memilih salah satu di antara ahli waris untuk dicantumkan namanya sebagai pemegang saham, menggantikan nama almarhum, termasuk memenuhi kewajiban menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) setiap tahun.

 

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life