DCSIMG

How To Be Healthy

Untuk Perempuan: Fakta tentang Varises

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_277790384

Keluhan varises bisa terjadi pada siapa pun, saat kamu mengandung maupun akibat kebiasaan mengenakan sepatu hak tinggi ke kantor. Namun, nyatanya, pemicu utama timbulnya varises adalah faktor genetik.

Varises merupakan kondisi ketika pembuluh darah vena menyembul ke permukaan kulit. Biasanya, varises terlihat berwarna biru ataupun keunguan. Para penderita kerap terganggu dengan kemunculan varises karena bukan hanya persoalan estetika, melainkan juga rasa nyeri yang ditimbulkan.

Gejala yang biasa timbul akibat varises adalah gatal, kaki terasa berat, bengkak, dan berdenyut keras. Bahkan, menurut Dr. Kathleen Gibson—ahli bedah pembuluh darah di Lake Washington Vascular—10 % penderita varises akan mengalami masalah yang lebih kompleks, misalnya saja perubahan warna kulit dan luka terbuka. Kathleen menjelaskan bahwa peluang timbulnya varises akan lebih besar ketika orangtuamu memiliki riwayat varises sebelumnya.

Hingga saat ini, belum ditemukan cara untuk mencegah varises. Namun Kathleen menjelaskan bahwa untuk mengurangi risiko varises—jika memiliki riwayat keluarga varises—kamu bisa meminimalisasinya dengan menjaga berat badan dan berolahraga secara teratur. Dan untuk menghilangkan varises, biasanya orang akan melakukan operasi. Namun baru-baru ini ditemukan metode baru, yakni VenaSeal. Praktik ini sudah disetujui oleh BPOM Amerika Serikat (Food and Drug Administration). Menurut Kathleen, VenaSeal adalah satu-satunya pengobatan varises yang nggak membutuhkan obat bius maupun mengharuskan pasien menggunakan stocking compress pada masa penyembuhan.

Namun praktik ini belum sampai ke Indonesia. Jadi, untuk para perempuan, sebaiknya mulai menjaga diri dari kemungkinan terserang varises lewat aktivitas positif seperti yang sudah disebutkan di atas, dan menjaga agar berat badan tubuh seimbang. Sementara untukmu yang merasa gejala varises mulai muncul, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life