DCSIMG

How To Be Wealthy

Jelang Pensiun, Pindahkan Hasil Investasi

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_111349808Menjelang usia pensiun, sebaiknya mulai pindahkan hasil investasimu. Perhatikan penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut, Bright Friends.

Setahun sebelum memasuki masa pensiun, kamu tentu harus melakukan berbagai persiapan. Mengutip pendapat Eko Endarto—perencana keuangan dari Financia Consulting—di kontan.co.id, kamu harus memindahkan semua investasi ke produk yang lebih mudah untuk diakses setahun sebelum pensiun. Produk yang dimaksud adalah deposito atau tabungan. Tujuan pemindahan hasil investasi ini tentu supaya kamu bisa menarik sewaktu-waktu dana yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

Namun tentu nggak semua investasi dipindahkan ke tabungan atau deposito. Aidil Akbar, perencana keuangan dari Akbar Financial Check Up, menjelaskan, “Kalau diambil semua, nilai uang akan turun.” Selain nilai uang menurun, jika semua hasil investasi dicairkan ke dalam tabungan, dana yang kamu punya dikhawatirkan nggak bisa mencukupi semua kebutuhan saat pensiun, terlebih jika kamu nggak punya sumber dana lain untuk membiayai hidupmu.

Jadi, Bright Friends harus lebih cermat mengatur keuangan, termasuk persentase aset untuk hidup dan aset yang memang harus terus dikembangkan melalui investasi. Nah, untuk menentukan persentase tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan perencana keuangan agar nggak salah langkah, ya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life