DCSIMG

How To Be Wealthy

Langkah untuk Wujudkan Mimpi Punya Properti Tahun Depan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_206266147

Punya rumah sendiri? Bukan lagi sekadar impian. Yuk, mulai “kencangkan ikat pinggang” untuk mewujudkan mimpimu pada 2017.

Kenapa sih harus tahun 2017? Berdasarkan data dari Rumah.com, pasar properti Indonesia kembali pulih tahun ini, setelah sempat lesu pada 2015 lalu. Diperkirakan, kondisi properti akan terus membaik, seenggaknya hingga 2018.

“Pemerintah baru saja menurunkan suku bunga acuan (BI Rate) menjadi 6,75%. Padahal, akhir tahun lalu, BI Rate masih berada di angka 7,5%. Langkah ini tentu akan meringankan beban konsumen properti karena perbankan akan segera menurunkan suku bunga KPR/KPA sejalan dengan tren SBI. Karena itu, tahun ini dan tahun depan adalah waktu tepat untuk membeli properti,” ungkap Wasudewan, Country Manager Rumah.com, pada femina.co.id.

Kondisi ini juga dibarengi dengan animo masyarakat yang cenderung melirik perumahan baru dibandingkan membeli rumah bekas. Menurut Wasudewan, rumah baru lebih menarik minat masyarakat karena memiliki lingkungan dan fasilitas yang nggak memerlukan renovasi yang berarti.

Untuk mewujudkan cita-cita membeli properti tahun depan, buatlah timeline dan deadline untuk diri sendiri. Terlebih dahulu, pantau lokasi dan jenis rumah yang kamu incar. Setelah itu, tentukan strategi untuk mengumpulkan downpayment pembayaran. Ingat, saat membeli rumah, yang terberat adalah mengumpulkan DP, Bright Friends. Kamu bisa memangkas pengeluaran lain, seperti biaya hiburan, hingga menyisihkan THR atau bonus kantor untuk memenuhinya.

Setelah DP terkumpul, mulailah mencari KPR di bank yang cocok dengan profil keuanganmu. Telitilah saat menentukan KPR dan periksa dengan jelas ketentuan cicilan dan bunga yang harus kamu bayarkan. Kalau nggak mau repot bergantung pada bunga, kamu bisa memilih KPR syariah yang pembayaran cicilannya sudah ditentukan pada tahap awal akad. Bagaimanapun suku bunga bergerak, cicilan bulananmu nggak akan terpengaruh.

Nah, makin mantap punya properti tahun 2017 nanti?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life