DCSIMG

How To Be Healthy

Alasan Kurma Baik untuk Berbuka Puasa

Oleh BrighterLife.co.id

Sejak dulu, umat Muslim yang berpuasa dianjurkan untuk berbuka dengan air putih dan kurma. Ternyata, ini alasannya.

Buah kurma sudah ada sejak ratusan, bahkan ribuan tahun sebelum masehi. Buah yang termasuk dalam keluarga palma ini bisa dimakan dalam keadaan segar maupun dikeringkan. Kabar baiknya, walaupun disajikan dalam bentuk buah kering, kamu nggak perlu khawatir karena manfaat yang terkandung di dalamnya sama sekali nggak hilang.

shutterstock_394253335Buah kurma kaya akan serat, potassium, dan nutrisi penting lain. Mengutip naturalsociety.com, setiap 100 gr kurma mengandung 6.7 gr serat, 696 mg potassium, 0.4 mg tembaga, 0.3 mg mangan, 54 mg magnesium, dan 0.2 mg vitamin B6. Karena ukuran buah kurma kecil, maka kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Misalnya, tiga hingga lima buah saat berbuka puasa. Dan karena kurma sudah mengandung gula alami yang bisa mengembalikan tenagamu usai berpuasa seharian, kamu nggak perlu lagi mengonsumsi makanan/minuman manis lain.

Kandungan serat dalam buah kurma sangat baik untuk masalah pencernaan, yakni membantu meringankan konstipasi. Serat larut dan nggak larut yang ditemukan dalam kurma akan membersihkan saluran pencernaan sehingga usus besar bisa bekerja maksimal. Bahkan, mengonsumsi kurma secara rutin dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Selain kaya serat, kurma juga mengandung magnesium yang dikenal sebagai antiperadangan. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa peradangan yang terjadi di dinding pembuluh darah dapat berkurang seiring dengan meningkatnya asupan magnesium dalam tubuh. Magnesium juga membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, arthtritis, serta Alzheimer. Bahkan, dalam American Journal of Clinical Nutrition ditemukan fakta bahwa tiap orang yang mengonsumsi 100 mg magnesium yang diperoleh dari kurma akan mengalami penurunan risiko terkena stroke sebesar 9%. Jadi, nggak hanya mengikuti sunah, rutin mengonsumsi kurma saat berbuka puasa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatanmu. Fakta menarik, kan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life