DCSIMG

How To Be Happy

Kegiatan Ini Bisa Jadi Ladang Berkah di Bulan Ramadan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_426406903

Ramadan, bulan penuh kedamaian, bulan di mana doa dan taubat digaungkan oleh tiap umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan juga dipercaya menjadi saat tepat bagi kita untuk mengumpulkan berkah melalui kegiatan-kegiatan positif. Apa saja?

Mengkhatamkan Alquran

Bulan Ramadan adalah bulan Alquran. Pada bulan inilah Alquran pertama kali turun dari lauhul Mahfuzh ke dunia. Oleh karena itu, membaca Alquran sangatlah dianjurkan di bulan Ramadan. Selain menambah pahala, kegiatan positif ini juga menenangkan hati dan pikiran.

Shalat tarawih dan memperbanyak doa

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang menghidupkan malam bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Karenanya, sholat tarawih menjadi salah satu sunnah yang menjadi ladang berkah. Selain itu, doa orang berpuasa bersifat mustajab.

Memberi buka puasa

Berbagi kebaikan adalah salah satu esensi dari bulan Ramadan. Maka, hendaknya kita berusaha untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya segelas air atau sebuah kurma. Membagi rizki berarti melipatgandakan pahalamu, Bright Friends.

I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah. I’tikaf disunnahkan bagi laki-laki dan perempuan; karena Rasulullah SAW selalu beri’tikaf—terutama pada sepuluh malam terakhir—bersama para istrinya. Hendaknya, orang yang melaksanakan I’tikaf juga memperbanyak dzikir, istighfar, membaca Alquran, berdoa, sholat sunnah, dan hal baik lain.

Banyak berbuat kebaikan

Bulan Ramadan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah “rekening” pahalanya di sisi Allah. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaki dikatakan bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan. Raihlah setiap peluang untuk berbuat kebaikan sekecil apa pun, meskipun sekadar tersenyum di depan orang lain.

Yuk, terus ciptakan inovasi dalam berbuat kebaikan agar saldo kebaikan Bright Friends terus bertambah.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life