DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Memilih Asuransi Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_245484412

Asuransi syariah merupakan asuransi yang memiliki manfaat berlipat ganda, mulai dari perlindungan, investasi, hingga sedekah. Buatmu yang tertarik dengan produk keuangan ini, perhatikan tips memilih produk asuransi syariah yang tepat untukmu.

Pelajari sistem dan pengelolaan dana asuransi syariah

Sistem pengelolaan ekonomi berbasis syariah harus berdasarkan Alquran dan hadits, nggak terkecuali dengan asuransi syariah. Pengelolaan dana asuransi syariah dapat dipastikan kehalalannya karena dana hanya boleh digunakan pada semua usaha atau saham yang menjalani bisnis halal. Misalnya saja prinsip Al-Mudharabah yang berarti bentuk kerja sama antara pemilik modal dengan badan asuransi.

Cari tahu kebutuhan

Sebelum membeli asuransi, kamu harus tahu kebutuhanmu, apakah kamu memerlukan asuransi jiwa atau kesehatan. Barulah kamu bisa memilih salah satu jenis asuransi berbasis syariah yang sesuai dengan kebutuhan.

Pelajari kredibilitas perusahaan asuransi

Nah, ini paling penting, Bright Friends. Kalau pengetahuanmu seputar asuransi syariah masih minim, gali informasi secara langsung dari tenaga ahli pihak asuransi. Selain itu, pastikan juga kalau perusahaan asuransi pilihanmu memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan inilah yang bertugas memastikan bahwa produk syariah di perusahaan asuransi tersebut sesuai dengan syariat Islam.

Pelajari akad

Akad berisi bentuk kerja sama antara pemilik modal dengan perusahaan asuransi. Karena itu, sebelum menandatangani dan menyetujui akad yang diberikan pihak asuransi, pelajari seluruh isinya dan minta agen asuransimu menjelaskan secara detail jika ada bagian yang kurang dipahami. Perlu kamu catat bahwa selain memberi perlindungan kepada pemilik modal, asuransi syariah berdasar pada sistem tabarru’ yang artinya, dengan membeli asuransi syariah, kamu pun ikut menolong sesama. Menarik, bukan?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life