DCSIMG

How To Be Happy

Tips Agar Anak Semangat Sahur

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_411759613Salah satu tantangan berat saat mengajarkan anak berpuasa adalah membangunkan mereka untuk sahur. Bangun sekitar pukul 3 hingga 4 pagi sudah pasti terasa berat. Namun hal ini sangat penting untuk membiasakan anak sahur selama Bulan Ramadan, meskipun mereka hanya berpuasa setengah hari.

Nah, supaya anak termotivasi untuk bangun tepat waktu, jelaskan soal pentingnya makan sahur saat puasa. Gunakan bahasa yang ringan, kalau perlu buat ilustrasi sederhana yang menarik perhatian anak. Misalnya, kamu bisa menjelaskan bahwa makan sahur sama seperti mengisi bensin, bertujuan untuk menjaga tubuh tetap kuat sepanjang hari hingga waktu berbuka.

Makan sahur jelas memotong jam tidur anak. Maka, supaya anak mudah bangun, jangan sampai ia terlambat tidur. Kalau perlu buatkan jadwal bangun dan tidur yang khusus diterapkan selama Ramadan agar anak lebih mudah beradaptasi.

Bangunkan anak tepat waktu, artinya juga jangan terlalu awal, Bright Friends. Saat anak dibangunkan dan masih harus menunggu makanan matang, biasanya ia akan kembali tidur. Selain itu, kreatif-lah dalam membuat menu agar anak nggak bosan saat menikmati makan sahurnya.

Jadikan bulan Ramadan sebagai momen menyenangkan bagi anak, misalnya, kamu bahkan bisa memberi reward atau hadiah sederhana jika ia bisa mengikuti sahur dengan baik. Pengalaman yang ia dapatkan akan jadi kenangan nggak terlupakan hingga dewasa, dan bukan nggak mungkin bakal ia terapkan juga pada anak-anaknya kelak. Bangun sahur pun bukan lagi hal berat, melainkan paling dinanti di bulan suci ini.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life