DCSIMG

How To Be Healthy

Berikut Ini yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil saat Berpuasa

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_313263590

Meski diizinkan untuk nggak menjalankan ibadah yang satu ini, nyatanya banyak ibu hamil yang tetap ingin berpuasa di bulan Ramadan. Sebenarnya sah-sah saja, apalagi jika kondisi kehamilan sehat dan tanpa masalah. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga asupan gizi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin, karena pola makan ibu hamil menentukan kesehatan dan kecerdasan bayi di masa mendatang.

Berikut tips-tips makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil selama berpuasa.

  1. Karbohidrat kompleks, seperti gandum, beras merah, dan cokelat, lalu makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, dapat memberikan tubuh energi sepanjang berpuasa. Karenanya, konsumsilah setiap hari. Makanan ini melepaskan karbohidrat secara perlahan, sehingga ibu hamil nggak mudah lemas. Selain itu, jenis makanan ini juga akan menjauhkanmu dari risiko sembelit—yang kerap dialami oleh ibu hamil.
  1. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis saat sahur dan berbuka. Jenis makanan ini akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kenaikan gula darah yang drastis bisa membuat ibu hamil merasa lebih cepat lelah karena tubuh membutuhkan banyak energi untuk mengolah gula, yang akhirnya dapat menimbulkan pusing.
  1. Pastikan ibu hamil mendapatkan banyak protein dari kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur yang dimasak matang. Nutrisi ini akan membantu bayi tumbuh dengan baik walau ibu berpuasa.
  1. Hindari mengonsumsi camilan tinggi gula dan lemak, seperti yang banyak terdapat dalam makanan olahan. Kentang atau buncis kukus serta buah-buahan merupakan pilihan camilan yang baik bagi ibu hamil selama bulan puasa.
  1. Cobalah untuk minum sekitar 1,5–2 liter air antara waktu berbuka hingga sahur. Ibu hamil juga bisa mendapatkan cairan dengan mengonsumsi sayuran dan buah kaya air.
  1. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kafein membuat tubuh kehilangan lebih banyak air karena memicu buang air kecil, sehingga ibu hamil lebih mungkin mengalami dehidrasi, terutama jika cuaca panas. Untuk mendapatkan sensasi segar dan manis alami tanpa gula, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life