DCSIMG

How To Be Wealthy

Yuk, Kelola Anggaran Agar Mudik Lebih Menyenangkan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Pulang kampung untuk mengunjungi sanak keluarga tentu terasa lebih spesial dalam suasana Idul Fitri. Apalagi jika kita melakukan perencanaan matang sebelumnya, mudik sekaligus liburan bisa menjadi agenda tahunan yang menyenangkan, dana yang dipakai juga nggak menjebol anggaran utama. Namun bagaimana jika dananya terbatas?

shutterstock_137238578Jangan khawatir, Bright Friends, tips mengelola keuangan ini bisa dipraktikkan sehingga kamu nggak perlu menjebol anggaran utama saat mudik nanti.

Sebagai langkah awal, buat rencana yang matang ke mana keluarga akan pergi berlibur. Hal ini terkait dengan dana yang akan dikeluarkan. Jika di dalam kota, makan dananya lebih kecil, sedangkan jika di luar kota atau luar daerah, bahkan mungkin luar negeri, tentu kita membutuhkan dana yang nggak sedikit. Buat check list kota atau rincian tempat wisata apa saja yang akan menjadi tujuan, berapa tiket masuknya, bagaimana transportasinya, apa menu makan sepanjang perjalanan, dan di mana keluarga akan menginap.

Jika sudah memiliki perencanaan keuangan, alangkah baiknya jika kamu mulai menyisihkan dana dalam rekening khusus yang nggak bisa diambil sewaktu-waktu, mencegahmu menggunakan anggaran tersebut untuk kebutuhan lain. Intinya, hindari berutang karena hanya akan membuat keuanganmu setelah berlibur berantakan. Hari ini senang-senang, susahnya belakangan. Mau?

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya yang nggak terduga ya, Bright Friends. Bagi kamu yang berencana mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan mempelajari rute perjalanan yang efektif agar nggak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Hal tersebut bisa menghemat bensin dan waktu tentunya. Nah, selamat merencanakan mudik asyik!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life