DCSIMG

How To Be Healthy

Bebas Bau Mulut Selama Puasa

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_214667170Satu masalah yang sangat mengganggu ketika puasa adalah bau mulut. Produksi air liur yang berkurang dan nggak adanya cairan yang masuk membuat kondisi mulut kering. Hal inilah yang kemudian membuat bakteri penghasil bau tumbuh subur dalam rongga mulut.

Nggak bisa dipungkiri kalau bau mulut sering membuat kita minder saat harus berkomunikasi dengan orang lain. Ini juga yang menjadi alasan seseorang lebih memilih diam. Selain rongga mulut yang kering,  gas yang diproduksi oleh lambung pun memicu terjadinya bau mulut selama puasa. Untuk itu, kamu harus rajin membersihkan rongga mulut saat sebelum tidur dan setelah sahur.

Nggak cuma gosok gigi, sebaiknya genapi ritual membersihkan mulutmu dengan berkumur. Pasalnya, menggosok gigi hanya bisa membersihkan 25% kuman dalam mulut. Pilih obat kumur yang mengandung bahan aktif oksigen karena akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Obat kumur juga bisa membantu membersihkan selah-selah gigi yang nggak terjangkau dengan sikat gigi.

Dan pastinya, hindari makanan yang berbau menyengat saat berbuka dan sahur, seperti bawang, daun bawang, dan petai. Selama puasa, sebisa mungkin kurangi juga asupan kafein harianmu. Kafein yang terdapat pada kopi dan teh akan semakin membuat mulut beraroma nggak sedap. Terakhir, supaya tubuh cukup terhidrasi, pastikan konsumsi banyak air putih saat berbuka maupun sahur. Dengan demikian, masalah bau mulut saat puasa bisa diminimalisasi, Bright Friends. Coba, deh.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life