DCSIMG

Inspiring Story

Transparan Nominal Gaji Tingkatkan Semangat Kerja Karyawan. Setuju?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_277116827Bagaimana jika rekan kerja satu kantor tahu nominal gaji yang kamu terima? Atau, pernah membayangkan kamu berada di satu perusahaan yang karyawannya saling mengetahui upah masing-masing? Hmm, agak aneh? Namun, konon katanya, kantor yang terbuka dengan sistem gaji dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Emiliano Huet-Vaughn, seorang asisten profesor di Middlebury College, mengungkapkan bahwa karyawan yang mengetahui nominal gaji rekan kerjanya dan membandingkan dengan hasil yang ia terima akan bekerja lebih giat lagi agar bisa menaikkan pendapatan. Penelitian lain dari Elena Belogolovsky dari Cornell University dan Peter Bamberger dari Tel Aviv University seolah menguatkan pendapat tersebut. Keduanya menekankan bahwa kerahasiaan nominal gaji dapat menurunkan kinerja karyawan.

Baik Elena maupun Peter kemudian menyarankan agar perusahaan lebih terbuka soal nominal gaji kepada seluruh karyawan. Padahal, hingga kini, nominal gaji adalah topik paling sensitif di dunia kerja. Bahkan penelitian pada 2011 dari Institute for Women’s Policy Research mengatakan bahwa hampir separuh dari pekerja di Amerika melarang karyawan mendiskusikan soal gaji. Kondisi serupa juga berlaku di Indonesia dan bisa jadi di hampir semua negara.

Menurutmu sendiri, apakah membuka nominal gaji bisa meningkatkan semangat kerja atau justru memicu kecemburuan sosial? Dan jika suatu saat perusahaan mengumumkan untuk melakukan transparansi nominal gaji, apakah kamu siap, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life