DCSIMG

How To Be Happy

Tak Selalu Uang, Berikut Bentuk Lain Sedekah Ramadan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_252816010

Ramadan menjadi momen tepat untuk berbagi rejeki kepada sesama. Selain menambah pahala, sedekah juga bermanfaat untuk orang lain. Eits, tapi Bright Friends, sedekah nggak selalu harus dalam bentuk uang, lho. Banyak cara lain yang bisa kamu lakukan.

Pakaian bekas laik pakai

Coba ingat kapan terakhir kali kamu membersihkan lemari pakaian. Kalau sudah penuh, momen Ramadan kali ini pas untuk dijadikan sebagai ajang bersih-bersih. Pisahkan pakaian yang jarang kamu gunakan tapi masih laik pakai untuk disumbangkan ke panti asuhan atau petugas kebersihan di kompleks perumahanmu.

Perlengkapan sholat di masjid

Kamu menemukan perlengkapan sholat di masjid kotor atau bau? Cobalah meminta izin kepada pengurus masjid untuk membersihkannya. Hal sederhana ini justru sangat membantu sesama untuk beribadah lebih khusyuk karena kondisi perlengkapan ibadah yang bersih dan harum.

Berbagi takjil

Beberapa masjid, yayasan, maupun LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) kerap memberikan takjil gratis selama Ramadan kepada para musafir. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk bersedekah, bergotong-royong melengkapi menu takjil di masjid. Ssstt, memberi makan orang yang sedang berpuasa memiliki pahala yang sama besarnya dengan orang yang berpuasa, lho.

Sumbang tenaga

Ya, seperti yang sudah ditekankan di awal, sedekah nggak melulu harus dalam bentuk uang. Kamu bisa menyumbang tenaga di masjid atau tempat-tempat yang memiliki agenda pengajian atau berbuka bersama selama Ramadan. Jadi, nggak ada lagi alasan nggak punya uang setiap kali kamu hendak bersedekah. Ingat, masih banyak cara yang bisa diterapkan untuk membantu orang lain.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life