DCSIMG

How To Be Wealthy

Tak Perlu Panik Saat Sakit di Usia Pensiun

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Vonis penyakit kritis bisa menjadi “kejutan” yang membuat tubuh lemas seketika. Nggak hanya memikirkan soal harapan hidup, vonis penyakit kritis juga akan menyita pundi-pundi uang yang sudah kamu kumpulkan dalam waktu nggak sebentar.

Syukur-syukur kamu akan selalu sehat hingga usia lanjut nanti. Namun nggak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada kehidupanmu dua menit, dua jam, dua tahun, hingga 20 tahun yang akan datang. Karena itu, supaya nggak panik, lakukan persiapan dengan membuat perencanaan keuangan.

shutterstock_325897412Kenali diri sendiri

Nggak ada yang tahu tentang dirimu kecuali kamu sendiri. Benar? Bahkan, ketika berobat, dokter pun akan bertanya keluhan yang kamu rasakan. Karena itu, jadilah pasien yang haus informasi. Cari tahu seperti apa pengobatan terbaik untuk dirimu.

Ambil semua benefit asuransi

Yang satu ini memang memerlukan biaya lebih besar. Semakin banyak keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah produk asuransi, maka akan semakin mahal tarif premi yang harus dibayar. Namun coba pikirkan, apakah besarnya premi sebanding dengan kesehatanmu? Lagi-lagi, mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

Ambil semua fasilitas kesehatan dari kantor

Saat ini, untuk jaminan kesehatan karyawan, setiap perusahaan mengikutsertakan pegawai dalam program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Ada juga perusahaan yang memberikan asuransi tambahan serta sistem reimburse untuk pengobatan rawat jalan. Nah, manfaatkanlah semua fasilitas yang diberikan itu dengan baik.

 Buat “tabungan khusus sakit”

Punya asuransi bisa membuatmu lega jika suatu saat harus dirawat di rumah sakit atau menjalani perawat tertentu dari dokter. Namun ada kalanya kamu harus berobat dengan uang tunai. Karena itu, buatlah satu tabungan khusus yang bisa diakses kapan saja. Kamu bisa memasukkannya sebagai bagian dari dana darurat.

Jadi, nggak perlu panik, segera buat perencanaan keuangan yang melindungi kesehatan sekaligus keuanganmu.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life