DCSIMG

How To Be Happy

Persiapan Pensiun: Mana yang Lebih Penting, Mental atau Finansial?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_350203016

Perlu kamu tanamkan dalam pikiranmu bahwa masa pensiun bukanlah masalah, Bright Friends. Lakukan beberapa persiapan agar kehidupan masa pensiunmu menyenangkan. Namun mana yang lebih penting, mempersiapkan mental atau finansial lebih dulu?

Jika hidup ibarat perjalanan, pensiun merupakan titik berhenti untuk melanjutkan perjalanan. Itulah konsep “pensiun” yang digambarkan oleh financologist dan penulis buku Alviko Ibnugroho. Menurut Alviko, seperti yang dikutip dari situs bestlife.co.id, memasuki masa pensiun berarti melakukan perjalanan dengan konsep yang lebih teratur untuk menuju satu tujuan hidup yang lebih baik.

Banyak orang yang beranggapan bahwa pada masa pensiun orang harus berhenti berkarya. Konsep salah kaprah seperti ini yang menurut Alviko harus diluruskan. Lewat PP No. 32/1979 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil, pemerintah menetapkan bahwa masa pensiun ada di kisaran angka 56 tahun. Sudah lebih dari 30 tahun peraturan tersebut nggak berubah. Lantas, untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik pada masa pensiun, mana yang harus lebih dahulu dipersiapkan, mental atau finansial?

Untuk membantu mempersiapkan kehidupan finansial masa pensiun, pemerintah sudah menyiapkan dana pensiun untuk PNS dan perusahaan swasta menyiapkan dana pensiun untuk para karyawan melalui BPJS Ketenagakerjaan. Namun sangat disayangkan karena hanya sedikit orang yang memperhatikan persiapan mental untuk memasuki masa pensiun. Padahal, persiapan mental nggak kalah pentingnya dengan persiapan finansial.

Sebagai kepala keluarga misalnya, keenggaksiapan mental dalam menghadapi masa pensiun akan menimbulkan kesenjangan mental. Kesenjangan mental ini bisa mempengaruhi finansialmu ke depan. Alviko memberi contoh, orang yang nggak siap secara mental dalam menghadapi masa pensiun biasanya kerap menggunakan uang mereka untuk pengobatan karena stres atau ada anggota keluarga yang masih “hobi” melakukan impulsive buying.

Karena itulah, Alviko menyarankanmu untuk mempertimbangkan persiapan mental untuk menghadapi masa pensiun. Persiapan finansial memang penting tapi kesiapan mental nggak kalah pentingnya karena akan memengaruhi pola hidupmu pada masa pensiun nanti.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life