DCSIMG

How To Be Wealthy

Mengenal Saham Syariah sebagai Produk Investasi

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_350329175

Terbatasnya tenaga ahli yang menguasai ekonomi syariah membuat informasi tentangnya masih minim di masyarakat. Yuk, simak penjelasan tentang saham syariah sebagai produk investasi buatmu yang masih penasaran dengan produk satu ini.

Produk syariah di pasar modal, antara lain, berupa surat berharga atau efek. Berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM), Efek merupakan surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

Sesuai dengan definisi di atas, maka produk syariah yang berupa Efek nggak boleh bertentangan dengan prinsip syariah. Inilah yang kemudian disebut dengan Efek Syariah. Dalam Peraturan Bapepam dan LK Nomor IX.A.13 tentang Penerbitan Efek Syariah, dikatakan bahwa Efek Syariah adalah Efek seperti yang tertera dalam UUPM dan peraturan pelaksanaannya dilakukan dengan akad, cara, dan kegiatan usaha yang menjadi landasan pelaksanaannya nggak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Saham merupakan surat berharga bukti penyertaan modal kepada perusahaan yang kemudian membuat pemegang saham berhak mendapatkan bagi hasil dari usaha perusahaan tersebut dan nggak bertentangan dengan konsep syariah. Prinsip syariah mengenal konsep ini sebagai kegiatan musyarakah atau syirkah. Suatu saham dapat dikategorikan sebagai saham syariah jika diterbitkan oleh Emiten dan Perusahaan Publik yang secara jelas menyatakan dalam anggaran dasarnya bahwa kegiatan usaha Emiten dan Perusahaan Publik nggak bertentangan dengan prinsip syariah. Untuk mengetahui saham-saham apa saja yang termasuk dalam kategori saham syariah, kamu bisa mengecek langsung ke situs Bursa Efek Indonesia ataupun Otoritas Jasa Keuangan.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life