DCSIMG

How To Be Wealthy

Dosa Finansial yang Identik dengan Perempuan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_180826148Mengutip uraian Mike R. Sutikno, Managing Partner Mike Rini & Associates, dalam femina.co.id, terdapat 4 kesalahan finansial yang selalu menempel pada perempuan, baik lajang maupun yang sudah berkeluarga.

Jarang membuat anggaran keuangan

Di mata perempuan, membuat anggaran bisa diibaratkan menyusun rencana perusahaan yang membutuhkan ilmu akuntasi dan administrasi. Karena itulah, perempuan jarang membuat anggaran keuangan bulanan. Padahal, anggaran keuangan ini bisa kamu jadikan sebagai “rel” untuk menjaga agar keuangan tetap berada pada jalurnya.

Nggak ada tujuan keuangan

Buatlah tujuan keuangan yang spesifik. Tujuan keuangan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk menentukan pola pengeluaran atau anggaran seperti apa yang sebaiknya kamu terapkan. Dengan begitu, kamu akan tahu kapan harus menyimpan uang dan kapan harus membeli barang.

Nggak punya rencana cadangan

Walaupun kamu sudah berkeluarga dan pengeluaran rumah tangga sepenuhnya ditanggung oleh suami, kamu tetap harus memiliki cadangan. Nggak ada yang tahu kan apa yang akan terjadi dalam hidupmu pada masa mendatang? Sebagai dana cadangan, kamu bisa mengandalkan investasi Reksa Dana. Pilihan jenis Reksa Dana bisa kamu tentukan selanjutnya jika kamu sudah tahu apa tujuan keuanganmu.

Bersahabat dengan kartu kredit

Gaya hidup konsumtif, hobi belanja berbagai produk fashion ataupun kecantikan, kerap membuat perempuan terjebak “hubungan” merugikan dengan kartu kredit. Jika memang harus membeli beberapa produk, usahakan untuk membayarnya secara tunai, bukan dengan berutang. Atau kalaupun hanya bisa berutang, pastikan bulan selanjutnya kamu punya dana yang cukup untuk melunasinya.

Jadi, Bright Friends, segera tinggalkan dosa finansial yang sudah kamu lakukan selama ini demi kehidupan yang #lebihbaik.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life