DCSIMG

How To Be Happy

Lebih Sehat di Usia Pensiun dengan Puasa

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

shutterstock_245827459

Usia bukan pantangan untuk absen berpuasa, ya kan? Nyatanya, banyak sekali manfaat sehat yang bisa didapat dari puasa, kok.

Penelitian yang dilakukan oleh divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSUPNF-CM seperti yang tertera dalam beritasatu.com menunjukkan bahwa menjalankan puasa sangat bermanfaat bagi mereka yang berada pada usia pensiun. Rutin menjalankan puasa bisa membantu memperbaiki fungsi ginjal serta menurunkan radikal bebas dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap responden yang berusia 60 tahun ke atas untuk mengetahui pengaruh asupan cairan selama puasa terhadap fungsi ginjal. Staf pengajar divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSUPNF-CM dr. Edy Rizal Wahyudi Sp.PD., KGer FINASIM, mengatakan bahwa fungsi ginjal mengalami perbaikan pada hari ke-28 Ramadan dan ke-14 setelah Ramadan berakhir.

Nggak hanya sampai di situ, Bright Friends. Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar radikal bebas menurun secara signifikan pada hari ke-7 dan 17 saat Ramadan, tapi kadar tersebut akan kembali meningkat nantinya. Namun jika dibandingkan dengan kadar radikal bebas sebelum puasa, angka kenaikan yang terjadi tetap lebih rendah nilainya. Selain penurunan kadar radikal bebas, puasa juga membantu menurunkan kadar trigliserida pada usia lanjut, dari 145,8 mg/dl menjadi 130,87 mg/dl.

Nah, buatmu yang memiliki kerabat atau orangtua yang sudah masuk dalam kategori usia pensiun dan mengalami masalah kesehatan, mungkin Bulan Ramadan ini bisa jadi salah satu “terapi” untuk menormalkan kembali stamina tubuh mereka. Bagikan artikel ini, ya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life