DCSIMG

How To Be Healthy

Jus atau Smoothie yang Lebih Sehat?

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_340782752

Tahukah kamu, mana yang lebih sehat antara jus dan smoothie? Seperti yang dikutip dari health kompas.com, ahli gizi Cynthia Sass, MPH, RD., mengatakan bahwa sehat atau nggaknya jus maupun smoothie bergantung dari caramu mengolah dan mengonsumsinya.

Smoothie merupakan campuran berbagai jenis bahan makanan. Biasanya, dalam segelas smoothie, kamu bisa mendapatkan lebih dari sekadar manfaat sayur atau buah karena adanya tambahan lain, seperti bubuk protein ataupun biji-bijian. Smoothie yang diolah seperti ini tentu akan menjadi sumber nutrisi yang menyehatkan. Namun smoothie juga bisa menjadi sumber kalori berlebih kalau kamu mengonsumsinya bersamaan dengan makanan lain, misalnya, sarapan dengan segelas smoothie dan sepotong roti isi. Hindari pola konsumsi seperti ini kalau kamu nggak mau kelebihan asupan kalori.

Sementara itu, jus merupakan alternatif cara yang biasa digunakan untuk mengisi gap nutrisi pada seseorang. Cynthia mengatakan bahwa membuat jus sayuran bisa menjadi cara lain untuk mengonsumsi sayuran bagi seseorang yang nggak suka sayur. Konsumsi jus juga akan membuatmu mudah mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat membuat jus, ada hal yang perlu kamu perhatikan. Membuat jus dengan juicer akan menghasilkan jus yang minim serat. Nah, jus yang rendah serat bisa membuatmu kehilangan nutrisi penting dan manfaat kesehatan buat usus.

Satu hal yang pasti, jus akan menjadi “sumber masalah” ketika kamu membuatnya dengan tambahan gula atau susu kental. Penambahan bahan-bahan tersebut hanya akan menambahkan asupan kalori dan memicu terjadinya lonjakan gula darah. Jadi, buatmu yang ingin mendapatkan manfaat jus maksimal, hindari penambahan bahan lain, terutama pemanis. Gunakan blender dan hindari menyaring jus agar kamu bisa mendapatkan manfaat serat di dalamnya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life