DCSIMG

How To Be Wealthy

Berkah dalam Perencanaan Keuangan Syariah

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_299322305

Sesuai namanya, ini adalah metode perencanaan keuangan yang mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam ajaran Islam. “Jadi, kalau ada hal-hal dalam perencanaan keuangan konvensional yang tidak sesuai syariah, ya tidak digunakan,” ungkap Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting, dilansir dari Kontan.co.id.

Tejasari Asad, Direktur dan Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting, memaparkan bahwa prinsip utama dalam perencanaan keuangan syariah adalah nggak mencari riba. Selain itu, perencanaan keuangan syariah juga menerapkan prinsip berbagi atau sedekah. Tentu saja, dalam hal investasi, produk investasi yang digunakan harus instrumen investasi syariah.

Dalam perencanaan keuangan syariah, fokus dan prioritas tujuan keuangan berbeda dengan perencanaan keuangan secara konvensional. Rakhmi Permatasari, perencana keuangan Safir Senduk & Rekan, mengingatkan, perencanaan keuangan secara syariah harus memperhatikan hal yang wajib dan sunnah (hal yang nggak wajib tapi baik bila dilakukan).

Ambil contoh, orangtua berniat menyiapkan dana untuk pernikahan dan menghajikan anak. Dalam Islam, orangtua wajib menikahkan anak-anaknya, tapi nggak wajib menghajikan mereka. “Maka, menyiapkan dana pernikahan anak menjadi prioritas dibandingkan menyiapkan dana menghajikan anak,” jelas Ahmad Gozali, perencana keuangan dari Zelts Consulting.

Adanya perencanaan keuangan syariah memberikan banyak pilihan bagi masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan yang sehat dan aman. Tertarik menerapkannya?

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life