DCSIMG

How To Be Healthy

Pengaruh Obat pada Kesuburan Perempuan

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_152579324Bukan cuma merokok dan alkohol yang bisa mempengaruhi kesuburan perempuan, melainkan juga obat-obatan yang diresepkan dokter ataupun obat bebas.

Mengutip female kompas.com, obat-obatan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi kesuburanmu dalam jangka waktu tertentu. “Siklus menstruasi perempuan dikontrol oleh interaksi otak, ovarium, dan rahim. Setiap masalah kesehatan atau obat-obatan yang mengganggu komunikasi tersebut dapat berdampak buruk pada pematangan sel telur dan kesuksesan kehamilan,” kata Alan Copperman, seorang pakar reproduksi.

Alan mencatat, obat-obatan yang sudah jelas berpengaruh pada kesuburan adalah obat-obatan psikiatri, seperti antidepresi, obat tiroid, obat kecantikan yang mengandung hormon, hingga kemoterapi. Walaupun obat herbal nggak disebut sebagai salah satu obat yang mempengaruhi kesuburan, bukan berarti obat-obatan herbal pasti aman, Bright Friends.

Kalau kamu dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya mengonsultasikan setiap obat yang akan kamu konsumsi selama program. Penghentian konsumsi obat-obatan tersebut bisa mengembalikan kesuburan perempuan dalam hitungan hari. Namun, pada beberapa kasus, ada juga perempuan yang memerlukan waktu lebih lama untuk mengembalikan kesuburan setelah penggunaan obat-obatan tersebut. Jadi, ada baiknya kamu nggak sembarang mengonsumsi obat setiap kali mengalami keluhan kesehatan. Jika terpaksa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan kurangi konsumsi obat yang dijual bebas.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life