DCSIMG

How To Be Wealthy

4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memasuki Usia Pensiun

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_342628097Kamu tentu nggak mau menyusahkan keluarga, terutama anak, ketika nanti memasuki usia pensiun. Oleh sebab itu, sejak dini, lakukan beberapa persiapan agar masa pensiun bisa kamu nikmati tanpa harus membuat khawatir orang-orang tersayang.

Asuransi kesehatan

Semakin berumur, biaya kesehatan yang kamu keluarkan bisa jadi kian banyak dibandingkan saat usia produktif. Berbagai penyakit degeneratif tentu memerlukan biaya pengobatan yang nggak sedikit, misalnya saja, untuk operasi by pass jantung, kamu harus merogoh kocek hingga Rp200 juta.

Jadi, buatmu yang masih berpikir bahwa asuransi kesehatan nggak penting, terutama saat sudah memasuki usia pensiun, coba pertimbangkan lagi. Jangan sampai tabunganmu habis hanya untuk berobat karena nggak memiliki asuransi kesehatan yang bisa meng-cover biaya kesehatanmu.

Asuransi jiwa

Sebagai orangtua, kamu harus bertanggung jawab kepada anak-anakmu kelak. Asuransi jiwa merupakan perlindungan yang wajib dimiliki oleh tulang punggung keluarga. Asuransi jiwa inilah yang nantinya akan meng-cover kebutuhan keluarga jika kepala keluarga atau tulang punggung keluarga sudah nggak produktif maupun meninggal dunia.

Investasi

Investasi jadi produk yang harus kamu miliki untuk mengamankan kehidupan masa pensiunmu. Pilih instrumen saham untuk investasi jangka panjang yang bisa kamu nikmati nanti. Instrumen saham merupakan produk yang paling menguntungkan untuk investasi jangka panjang, walaupun risiko yang kamu hadapi juga nggak kalah besarnya.

Usaha

Pada masa pensiun, pastinya kamu nggak mau dong harus terus bekerja 24/7 untuk membiayai kehidupanmu? Karena itu, agar bisa membiayai hidupmu, ada baiknya mulai memikirkan usaha atau bisnis kecil yang bisa kamu kelola dan hasilnya bisa dinikmati pada masa yang akan datang.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life