DCSIMG

How To Be Healthy

Hindari Bau Mulut dengan Menjauhi Makanan Ini

Oleh BrighterLife.co.id

shutterstock_186585470

Sikat gigi rajin, belum lagi ritual berkumur dengan cairan pembersih mulut yang nggak pernah absen dilakukan, tapi kamu masih merasa punya bau mulut yang nggak sedap? Mungkin makanan yang dikonsumsi merupakan biang keladinya.

Keju
Keju dan produk susu lainnya bisa memicu bau mulut. Asam amino dalam keju dan produk susu yang lain bisa bereaksi dengan bakteri dalam mulut. Reaksi ini kemudian menghasilkan komponen sulfur nggak stabil yang menyebabkan bau mulut. Orang-orang yang punya masalah laktosa intoleran adalah yang paling rentan mengalami bau mulut karena produk susu, sebab mereka kekurangan enzim untuk memecah laktosa.

Kopi
Kafein dalam kopi memperlambat produksi air liur dalam rongga mulut, padahal tugas utama air liur adalah membasuh bakteri dalam mulut. Dengan demikian, bakteri akan semakin banyak menumpuk dalam mulut, berkembang biak, dan memproduksi gas yang memicu bau mulut. Kemudian, risiko bau mulut akibat kopi akan semakin meningkat pada pagi hari mengingat saat tidur mulut sedikit memproduksi air liur. Jadi, buatmu yang hobi minum kopi pada pagi hari, sebaiknya sikat gigi kembali dan minum air putih sesudahnya.

Steak
Mirip dengan susu dan produk olahan susu, daging merah juga banyak mengandung protein yang terbentuk dari . Nutrisi ini dapat bereaksi dengan bakteri dalam mulut. Namun mengonsumsi daging bisa menghasilkan lebih banyak komponen sulfur dibandingkan ketika kamu makan seiris keju.

Wine
Alkohol yang terdapat dalam wine bisa menyebabkan dehidrasi. Dalam keadaan dehidrasi, maka produksi air liur berkurang dan lebih banyak bakteri di mulut. Selain itu, red wine juga membuat gigi mudah ditempeli bakteri. Bukan cuma menyebabkan bau mulut, dalam jangka panjang pun terbukti merugikan kesehatan.

Sekarang sudah tahu kan dari mana bau nggak sedap dalam mulutmu berasal? Kalau ritual membersihkan mulut sudah tepat, waktunya mengevaluasi makanan yang kamu konsumsi.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life